Veneer Tidak Langsung – Porselen [Bagian Kedua] – Tahap Persiapan

Global Estetik – Setelah melakukan konsultasi awal serta keuntungan dan kerugian dalam memilih memasang veneer jenis ini. Selanjutnya calon harus melewati masa persiapan sebelum nantinya akan dipasangkan veneer porselen diatas permukaan enamel gigi.

 

Tahap Persiapan

Saat pasien memilih veneer konvensional (nanti akan kami jelaskan no-prep veneer), proses persiapannya sangat penting. Dasar yang tepat dapat membantu memastikan tampilan alami dan ikatan yang kuat antara gigi dan veneer porselen.

Mengikis Enamel

Pertama, dokter gigi akan mengikis sedikit lapisan halus enamel dari bagian depan gigi yang dipilih untuk dipasangkan veneer. Jumlah enamel yang dikikis bergantung pada kebutuhan individu pasien dan tipe veneer yang ditempatkan. Namun, dalam kebanyakan kasus, dokter gigi biasanya menghilangkan sekitar 0,5 mm sampai 0,7 mm lapisan enamel gigi dari bagian depan gigi. Dalam banyak kasus, jumlahnya sangat kecil sehingga tidak diperlukan anestesi

Bentuk Gigi 

Saat langkah pertama ini selesai, dokter gigi akan mengambil bentuk (kesan) gigi pasien. Secara tradisional, dia akan melakukan ini dengan menempatkan clay khusus dan lembut ke dalam penampan. Saat penampan berada di mulut, bahan tadi akan mengeras di sekitar gigi. Kemudian dokter gigi mengirimkan hasil bentuk gigi ini ke laboratorium.

Veneer Sementara

Biasanya dibutuhkan beberapa hari sebelum veneer yang telah dicetak khusus untuk pasien datang. Dalam kasus ini, dokter gigi dapat memberi pasien seperangkat veneer sementara. Terkadang, pasien terganggu dengan penampilan senyum mereka menyusul pengikisan enamel. Lebih sering, dokter gigi menempatkan veneer sementara untuk melindungi dentin yang mendasari dan mencegah rasa sensitif. Biasanya dokter gigi menentukan apakah veneer sementara diperlukan berdasarkan jumlah enamel yang dikikis.

 

Mencetak Veneer

Proses fabrikasi veneers sedikit bervariasi, tergantung pada jenis porselen yang digunakan, namun untuk sebagian besar, prosedurnya tetap sama. Dengan menggunakan kesan gigi yang dikirim oleh dokter gigi, ahli pembuat veneer akan menciptakan model kerja. Di dalam replika ini, ia akan membangun beberapa lapis porselen, menggunakan panas atau tekanan yang kuat untuk meningkatkan kekuatan material. Semua lapisan porselen mungkin memiliki warna yang sama, atau pembuat veneer bisa melapisi setiap lapisan agar tampak senatural mungkin dibandingkan dengan gigi alami manusia.

Jenis Veneer Porselen

Veneers sebenarnya bisa dibuat dari beberapa jenis keramik, diantaranya:

  • Pressed Ceramic (keramik yang dipadatkan): Veneers yang terbuat dari keramik jenis ini cukup kuat, tapi biasanya lebih tebal dari jenis veneer lainnya.
  • Stacked Ceramic (keramik yang ditumpuk): Veneer tipe stacked ini memungkinkan bahan keramik membuat veneer yang lebih tepat disesuaikan untuk setiap pasien.
  • Lithium Disilicate: Jenis baru dari veneer porselen ini begitu kuat sehingga bahkan bahan bruxers berat ini mungkin adalah kandidat untuk veneer yang terbuat dari bahan ini. Lithium disilicate veneer hanya bisa dibuat dengan teknologi CAD / CAM.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan