Veneer Komposit Langsung [Bagian Terakhir] – Resiko dan Efek Samping

Global Estetik – Kecil atau besar sebuah prosedur, pasti memiliki resiko dan efek atas tubuh kita. Begitu juga dengan Prosedur Veneer Komposit Langsung ini, Berikut akan kami jelaskan sisi terakhir dari series artikel Global Estetik mengenai Veneer Komposit Langsung.

Resiko

Salah satu kelebihan veneer ini adalah prosedurnya yang aman. Meski demikian, seperti semua perawatan gigi, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi.

Komposit yang Rusak

Risiko utama ikatan gigi jenis ini adalah resin komposit yang akan berubah warna. Seperti email gigi, bahan ini dapat keropos. Oleh karena itu, molekul berpigmen memiliki lebih banyak luas permukaan yang dapat mereka masuki. Namun, komposit non-biologis kebal terhadap produk pemutih gigi. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk memperbaiki komposit yang telah ternoda adalah dengan membuang dan mengganti materialnya. Seperti yang dinyatakan di atas, meski komposit ini berbahan relatif kuat, namun sangat sedikit material yang bisa menyamai kekuatan alami gigi yang sehat. Oleh karena itu, ada kemungkinan material restoratif ini akan retak, chip, atau terlepas.

Infeksi dan Alergi

Sebelum menempatkan material veneer komposit, dokter gigi anda akan menghilangkan bakteri, plak, dan bahan yang terinfeksi dari gigi anda. Jika sebagian gigi yang membusuk tidak terdeteksi, bakteri akan terus bertambah banyak, menyebar ke seluruh gigi anda. Jika ini terjadi, anda mungkin memerlukan prosedur saluran akar atau ekstraksi. Dengan memilih dokter gigi yang berpengalaman, anda dapat sangat mengurangi risiko infeksi. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, pasien terkena alergi terhadap agen pengikat resin komposit, atau salah satu alat yang digunakan selama perawatan. Jika Anda mengalami sensitivitas gigi yang signifikan, iritasi gusi, atau gatal setelah prosedur pemasangan veneer tipe ini, hubungi dokter gigi pilihan anda sesegera mungkin.

Efek Samping Sementara

Prosedur pemasangan veneer jenis ini tidak menimbulkan risiko jangka panjang yang perlu mendapatkan perhatian khusus, pemasangan veneer komposit langsung hampir tidak memerlukan waktu pemulihan atau ketidaknyamanan pasca perawatan. Bila dokter gigi anda melakukan perawatan untuk keperluan kosmetik, bahan biasanya akan langsung berada di permukaan luar gigi Anda. Proses ini akan membuat struktur gigi tidak terpengaruh. Oleh karena itu, Anda biasanya tidak akan mengalami ketidaknyamanan.

Jika dokter gigi Anda melakukan prosedur pemasangan veneer ini untuk menangani rongga atau kekurangan lainnya di dalam mulut, dokter gigi harus mengangkat material yang rusak dan membentuk kembali bagian gigi yang membusuk. Dalam kasus ini, Anda mungkin akan mengalami beberapa momen sensitivitas dan iritasi, terutama dalam menanggapi perubahan suhu. Untuk meminimalkan ketidaknyamanan, hindari makanan yang sangat renyah, panas, dan dingin selama beberapa hari setelah prosedur dilakukan. Obat nyeri berdosis ringan juga bisa membantu meredakan ketidaknyamanan. Sensitivitas akan hilang sendiri dalam beberapa hari.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan