Vegetarian dan Kesehatan Mulut

Global Estetik – Kekhawatiran  akan kesehatan dan tentang konsumsi lemak dan kolesterol berlebih telah mendorong banyak orang untuk menjadi vegetarian, namun menjadi vegetarian berarti kehilangan sumber energi dari daging atau olahan daging. Kekurangan nutrisi yang seimbang terkadang  dapat terjadi serta mulai terungkap ketika melakukan pemeriksaan di dokter gigi. Sebagian besar orang dewasa yang beralih menjadi vegetarian sangat paham tentang asupan nutrisi berimbang bagi kesehatan mereka, namun yang menjadi masalah adalah anak-anak dan remaja yang memilih untuk beralih kepada gaya hidup vegetarian. Pada masa proses pertumbuhan, anak-anak ataupun remaja membutuhkan gizi yang seimbang dan  lengkap untuk pertumbuhan yang tepat, dan potensi ketidakseimbang asupan nutrisi paling banyak terjadi pada anak-anak dan remaja yang memilih untuk jadi seorang vegetarian tanpa cukup mengetahui kebutuhan nutrisi mereka.

Meskipun ada banyak variasi makanan vegetarian, beberapa vegetarian, terutama mereka yang tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan, dapat mengalami kekurangan kalsium, vitamin D, riboflavin, vitamin B12 dan protenin. Namun tanpa mengkonsumsi produk makanan dari hewan,  studi menunjukkan bahwa dengan memakan cukup buah, sayuran, biji-bijian dan kacang polong yang tepat, vegetarian akan tetap dapat mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Para Ahli merekomendasikan bagi setiap orang yang mempertimbangkan untuk menerapkan pola makan vegetarian untuk meminta saran dan konseling dari dokter gigi atau ahli gizi, untuk belajar tentang pilihan-pilhan untuk mengganti makanan agar dapat mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin juga diperlukan dan salah satu pilihannya ialah dengan mengkonsumsi buah-buahan atau meminum secara rutih vitamin-vitamin yang dijual di pasaran.

Gigi dapat menjadi lemah bila kekurangan vitamin D, dapat juga menjadi lebih rentan terhadap pembusukan dan penyakit periodontal. Vitamin D diproduksi di dalam tubuh dengan paparan sinar matahari, sehingga kekurangannya jarang terjadi, namun keadaan kekurangan vitamin D dapat terjadi pada mereka yang tidak mengonsumsi susu atau ikan. Pilihan yang tersedia bagi vegetarian adalah dengan menambahkan margarin atau susu kedelai ke dalam pola makanan sehingga dapat  mengatasi masalah kekurangan vitamin D dalam pola diet vegetarian.

Pilihan pola asupan makanan adalah bagian penting dari riwayat kesehatan seseorang, dan pasien harus selalu memberi tahu dokter gigi mereka jika mereka mengikuti pola makan vegetarian atau pola makan khusus lainnya. Ini dibutuhkan untuk menyesuaikan pola pemeriksaan dan pendekatan terhadap proses pemeriksaan gigi serta untuk membantu Dokter gigi pilihan anda untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan pola makan dan masalah yang anda hadapi.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan