Tips Merawat Gigi Berlubang

Global Estetik – Karies atau yang biasa dikenal dengan sebutan gigi berlubang merupakan masalah gigi yang ditandai dengan adanya lubang pada gigi. Penyebab gigi berlubang salah satunya karena timbunan plak dan bakteri di permukaan gigi. Pada umumnya, karies atau gigi berlubang tidak bisa disembuhkan, melainkan membutuhkan perawatan dari dokter gigi. Akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti ahli menunjukkan bahwa gigi berlubang bisa diatasi dengan cara mengubah pola makan dan remineralisasi gigi. Nah, berikut ini penjelasan mengenai cara perawatan gigi berlubang secara alami.

Remineralisasi Gigi

Salah satu tindakan yang paling penting dilakukan saat Anda memiliki gigi berlubang adalah dengan remineralisasi gigi. Cara tersebut membantu gigi yang rusak atau berlubang untuk memperbaiki dirinya. Remineralisasi gigi bisa dilakukan dengan memakai pasta gigi maupun obat kumur yang mengandung florida. Akan tetapi jika Anda tidak terbiasa menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang memiliki kandungan florida, Anda bisa memakai pasta gigi remineral yang bisa Anda buat sendiri dari campuran bubuk kalsium, soda kue, tanaman diatom, bubuk xylitol, dan minyak kelapa.

Berkumur dengan Air Garam

Air garam bisa Anda gunakan sebagai obat kumur apabila gigi berlubang Anda terasa nyeri. Air garam diyakini memiliki manfaat sebagai obat antibakteri sehingga bisa meringankan nyeri pada gigi berlubang. Untuk membuat obat nyeri untuk gigi berlubang juga cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan satu sendok garam dengan satu gelas air hangat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan perasan air jeruk.

Mengatur Asupan Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa memicu rasa nyeri pada gigi berlubang, di antaranya makanan yang terlalu dingin, panas, manis, dan makanan yang bersantan. Makanan manis atau mengandung gula akan membuat gigi semakin keropos karena gula yang menempel pada gigi lebih cepat memproduksi asam dibanding jenis makanan lain. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut jika tidak ingin gigi berlubang Anda terasa nyeri. Selain itu, untuk melindungi gigi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi permen karet yang mengandung xylitol.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Tips yang tidak kalah penting dalam perawatan gigi berlubang adalah dengan menjaga area gigi dan mulut agar tetap bersih. Hal ini bertujuan agar plak yang menempel pada gigi bisa segera hilang karena jika plak terlalu lama menempel di permukaan gigi, maka kuman dan bakteri akan mudah berkembang. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dilakukan dengan menggosok gigi pagi dan sebelum tidur di malam hari.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan