Tips Merawat Gigi Berbehel

Globalestetik.com – Penggunaan kawat gigi atau behel kini sudah banyak digunakan di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Behel gigi atau kawat gigi merupakan alat yang digunakan untuk merapikan susunan gigi. Berbeda halnya dengan kawat gigi fashion yang digunakan hanya untuk membuat menarik penampilan. Meskipun demikian, kawat gigi fashion sedikit banyak juga berpengaruh pada struktur gigi.

Pemasangan kawat gigi bukan merupakan prosedur yang mudah dan sederhana yang bisa dilakukan oleh dokter gigi biasa di klinik umum atau puskesmas. Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh seorang dokter gigi spesialis. Selain itu, perawatan gigi berbehel juga tidak bisa disepelekan. Jika seseorang malas membersihkan gigi dan behelnya, maka akan berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini tips untuk merawat gigi berbehel.

Menggososk gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus

Sikat dan pasta gigi yang digunakan oleh seseorang yang memakai kawat gigi tentunya berbeda dengan sikat dan pasta gigi biasa. Susunan kawat gigi yang dipasang menyebabkan cara menggososk gigi menjadi lebih sulit karena harus menggosok gigi dengan cara khusus, sehingga seseorang yang menggunakan behel atau kawat gigi membutuhkan sikat gigi dan pasta gigi khusus gigi berbehel yang memiliki bentuk kecil dan bulu sikat yang halus.

Selain itu, pasta gigi yang digunakan harus mengandung fluoride untuk mencegah terjadinya pengeroposan gigi dan mengandung bahan pemutih yang bertujuan untuk mencegah gigi menguning.

Gunakan obat kumur

Untuk memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut dianjurkan untuk berkumur menggunakan obat kumur. Hal ini bertujuan untuk menjangkau sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Bukan hanya itu saja, obat kumur juga bisa membunuh bakteri sehingga area mulut akan lebih bersih.

Gunakan benang gigi

Untuk membersihkan sela-sela gigi agar terhindar dari karang dan plak gigi Anda yang menggunakan behel bisa menggunakan benang gigi atau sikat khusus yang berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi dan mencegah pembentukan karang dan plak gigi.

Konsumsi vitamin C

Hal yang tidak kalah penting dalam perawatan gigi berbehel adalah perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Seseorang yang menggunakan kawat gigi umumnya mudah terkena sariawan yang disebabkan gesekan dari behel dengan dinding di dalam mulut yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan atau luka dalam mulut. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi vitamin C untuk mencegah sariawan serta memperkuan gigi dan gusi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan