Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Global Estetik – Makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat memengaruhi sistem pencernaan tubuh Anda. Kesehatan pencernaan yang kurang baik biasanya ditandai dengan perut yang terasa kembung dan tidak nyaman. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat, rutin berolahraga serta memperoleh asupan gizi dan serat yang cukup dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Namun jika Anda tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi dan risiko terkena berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti maag, asam lambung, hingga kanker usus menjadi lebih besar. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berikut ini berbagai tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Konsumsi Serat yang Cukup

Serat makanan terdiri dari dua jenis yaitu serat larut dan tak larut. Kedua jenis serat tersebut memiliki memiliki cara yang berbeda untuk membantu sistem pencernaan. Serat larut bersifat tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga serat tersebut membantu sistem pencernaan untuk mengumpulkan kotoran. Jenis serat larut dapat ditemukan di dalam sayuran, oat, dedak gandum dan biji-bijian.

  • Konsumsi Makanan Tinggi Kandungan Air

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selain dengan meminum air putih, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya seperti mentimun dan semangka.

  • Batasi Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Lemak

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak umumnya memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat Anda mengalami sembelit. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan berlemak dengan cara menambahkan makanan yang mengandung serat tinggi pada makanan berlemak. Hal tersebut akan mempermudah sistem pencernaan dan membuatnya tetap sehat.

  • Makan Secara Teratur

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan mengonsumsi makanan berat dan makanan ringan secara teratur sesuai jadwal. Mulai dari sarapan, kemudian makan siang dan makan malam hingga makanan ringan.

  • Asupan Cairan yang Cukup

Air yang Anda minum memiliki fungsi untuk membantu sistem pencernaan dalam melarutkan lemak dan serat larut. Oleh karena itu minum banyak air baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup merupakan dua hal yang dapat memengaruhi kesehatan pencernaan. Dengan mengikuti tips dan cara menjaga kesehatan pencernaan di atas, maka sistem pencernaan akan berfungsi lebih baik dan tentunya membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan