Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Globalestetik.com – Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara rutin, sebab memiliki mulut yang bersih serta nafas yang segar akan menambah rasa percaya diri saat berbicara di depan umum. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari. Akan tetapi, kebiasaan menyikat gigi tersebut ternyata belum efektif untuk membunuh bakteri yang menyebabkan plak dan karang gigi. Menyikat gigi hanya dapat membersihkan 25% kuman di gigi dan mulut. Oleh karena itu, diperlukan upaya lain agar kesehatan gigi dan mulut semakin terjaga.

Selain menggosok gigi, berikut berbagai hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  • Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Salah satu penyebab plak dan karang gigi yang paling beresiko adalah mengkonsumsi makanan manis atau makanan yang mengandung gula. Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung gula lebih mudah menempel di gusi dan sela-sela gigi. Sisa makanan manis yang menempel tersebut oleh bakteri di dalam mulut dirubah menjadi plak dan karang gigi. Oleh karena itu, agar tidak muncul plak dan karang gigi, sebaiknya setelah mengkonsumsi makanan manis biasakan berkumur dengan air untuk mengurangi pembentukan plak di gigi.

  • Lakukan Flossing Sebelum Menyikat Gigi

Flossing merupakan pembersihan gigi hingga ke sela gigi dengan menggunakan benang gigi yang dapat membantu mengeluarkan sisa makanan yang menempel di sela gigi. Melakukan flossing sebelum menyikat gigi membuat proses menggosok gigi menjadi lebih efektif. Selain itu, kuman serta sisa makanan dapat dibersihkan sehingga gigi dan mulut akan lebih terjaga kesehatannya.

  • Berkumur dengan Mouthwash

Sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Oleh karena itu, selain menyikat gigi, lengkapi juga dengan berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung antiseptik. Menggunakan mouthwash setelah sikat gigi akan melindungi gigi dari pembentukan plak dan karang gigi. Mouthwash yang mengandung antibiotik juga dapat digunakan pada mulut yang sedang mengalami masalah, seperti luka pada gusi.

  • Periksa Gigi Rutin

Rutin mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika gigi tidak bermasalah, maka Anda dapat membersihkan karang pada gigi.

  • Rutin Mengganti Sikat Gigi

Sikat gigi yang lama tidak diganti dapat membuat proses pembersihan mulut dan gigi menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, para dokter gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Bukan hanya itu saja, penggunaan sikat gigi yang berulang dapat membuat bulu sikat gigi menjadi melebar sehingga tidak lagi mampu untuk membersihkan area antara gigi dan plak.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan