Tips Menjaga Kebersihan Gigi

Globalestetik.com – Merawat kesehatan gigi sebenarnya cukup sederhana, yakni dengan rutin membersihkannya sebelum tidur dan pada pagi hari. Akan tetapi, hal tersebut sepertinya sulit dilakukan oleh sebagian orang sehingga mengabaikan kebersihan dan kesehatan area mulutnya. Jika malas membersihkan gigi, maka akan menempel plak-plak dan membuat gigi menjadi berlubang, serta membuat warna gigi berubah menjadi kekuningan. Akibat yang ditimbulkan karena malas menjaga kebersihan gigi tentu mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, sebelum akhirnya Anda mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk menerapkan berbagai tips berikut ini.

• Menggosok Gigi Secara Rutin

Menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari di pagi dan malam akan membuat gigi terawat dengan baik. Tentunya hal tersebut agak sulit untuk dilakukan kalau bukan menjadi kebiasaan. Namun hal ini tentunya mudah dilakukan bagi siapa pun yang tidak ingin memiliki gigi berlubang dan kuning yang dapat merusak penampilan.

• Menggosok Gigi dengan Benar

Jika Anda sudah menggosok gigi secara rutin, Anda juga harus tahu bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Janganlah terlalu kencang dan terburu-buru dalam menggosok gigi. Selain itu, cara menggosok gigi yang benar yaitu dimulai dari sisi kanan ke sisi kiri secara berulang serta seluruh bagian gigi harus digosok, mulai dari permukaan gigi bagian dalam dan bagian luar, termasuk gigi graham.

• Menggunakan Pasta Gigi yang Tepat

Saat ini banyak tersedia berbagai jenis pasta gigi yang sesuai dengan masalah gigi, di antaranya seperti pasta gigi untuk gigi berlubang, pasta gigi untuk gigi sensitif, dan pemutih gigi. Dengan demikian, pilihlah pasta gigi sesuai dengan kondisi gigi Anda.

• Gunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur dapat menghilangkan plak-plak di gigi dan membuat mulut terasa segar. Agar memberikan hasil yang maksimal, obat kumur tersebut harus digunakan sesuai petunjuk.

• Rutin Mengganti Sikat Gigi

Hal yang tidak kalah penting dalam merawat kesehatan gigi adalah penggunaan sikat gigi. Sikat gigi tidak luput dari perhatian, sebab Anda harus rutin menggantinya dengan yang baru selama dua hingga tiga bulan sekali. Jangan menunggu hingga sikat gigi tersebut tidak layak pakai agar kuman yang menempel pada sikat tidak akan menempel pada gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan