Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

Global Estetik – Stomatitis atau yang lebih dikenal dengan istilah sariawan merupakan suatu pembengkakan atau peradangan yang terjadi di daerah sekitar mulut dan lidah. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya sariawan, di antaranya mulut tergigit, kurangnya konsumsi vitamin C dan vitamin B12, bakteri, jamur, konsumsi makanan atau minuman yang terlalu pedas, hingga penggunaan produk pembersih mulut yang tidak sesuai.

Meski sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 10 hingga 14 hari, namun tetap saja sariawan sering menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan atau minuman. Dengan demikian, hal itu sering membuat seseorang yang mengalami sariawan sering tidak nafsu makan. Umumnya sariawan dimulai dengan peradangan yang terjadi di area rongga mulut, misalnya bibir kering dan pecah-pecah.

Untuk mangatasi sariawan dapat dilakukan dengan mengonsumsi atau menggunakan produk-produk yang dapat mengobati sariawan. Namun jika Anda ingin mengatasi sariawan dengan cara yang alami, tips berikut ini akan membantu Anda dalam mengatasi sariawan tersebut.

  • Berkumur dengan Air Garam

Cara ini memang sudah banyak dilakukan sejak lama untuk mengobati sariawan. Senyawa yang terdapat pada garam mampu menarik cairan yang terdapat pada luka sehingga memperepat penobatan sariawan. Untuk membuatnya yaitu dengan mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat. Mengatasi sariawan dengan berkumur menggunakan air garam dapat dilakukan tiga kali sehari.

  • Air Kelapa

Selain berkumur dengan air garam, mengatasi sariawan juga dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan air kelapa. Cara ini cukup efektif, karena selain berkumur Anda juga dapat menelan air kelapa tersebut. Obat sariawan alami menggunakan air kelapa ini dapat Anda konsumsi minimal satu kali sehari. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, berkumurlah dengan air kelapa sebanyak tiga kali sehari.

  • Belimbing Wuluh

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah kurangnya vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu cara untuk mengatasi sariawan dapat dilakukan dengan memenuhi asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh yaitu dengan mengonsumsi buah yang mengandung senyawa tersebut.

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat mengatasi masalah sariawan. Cara mengatasi sariawan dengan belimbing wuluh cukup dilakukan dengan menempelkan atau mengunyah buah tersebut kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

  • Jambu Biji

Selain belimbing wuluh, jambu biji juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi buah jambu biji secara rutin akan membuat sariawan yang Anda alami sembuh dengan sendirinya. Selain buahnya, mengobati sariawan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun jambu biji yang masih muda. Hal ini disebabkan karena daun jambu biji mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan