Tips Mencegah Serangan Jantung di Usia Muda

Globalestetik.com – Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian terbesar di dunia. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya kasus kematian yang disebabkan oleh serangan jantung. Penyakit jantung sendiri disebabkan oleh adanya penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah yang menuju jantung, penyumbatan tersebut mengakibatkan proses oksigenisasi otot jantung menjadi berkurang. Salah satu penyebab terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah adalah adanya plak yang terbentuk akibat timbunan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah. Selain itu, penyumbatan pembuluh darah tidak memandang usia seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pencegahan dini agar jantung selalu sehat sejak usia muda. Berikut ini tips pencegahan serangan jantung di usia muda.

Hindari Junk Food

Makanan seperti junk food memang disukai banyak orang, namun sayangnya makanan ini dapat membuat kadar kolesterol dalam darah melaju tinggi. Kolesterol merupakan lemak jahat yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung. Daripada konsumsi makanan yang tidak sehat, lebih baik biasakan makan sayuran agar kebutuhan serat tercukupi.

Hindari Stress

Stress menyebabkan meningkatnya hormone kritosol. Hal tersebut menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Untuk menghindari stress dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, dan kurangi kativitas berlebih yang membutuhkan tenaga ekstra.

Jaga Berat Badan

Kelebihan lemak dalam tubuh merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan jantung. Oleh karena itu, kendalikan berat badan dengan cara selektif mengonsumsi makanan dan berolahraga secara teratur agar kalori dalam tubuh dapat berkurang.

Kontrol Tekanan Darah Secara Teratur

Untuk mengantisipasi adanya sinyal yang tidak bagus terkait dengan kesehatan jantung dapat dilakukan dengan melakukan kontrol tekanan darah secara teratur. Periksalah tekanan darah sebulan sekali atau Anda juga bisa melakukan kontrol tekanan darah sendiri dengan membeli alat pengukur.

Berolahraga

Untuk menyeimbangkan tubuh maka lakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung. Dengan begitu, risiko terkenan serangan jantung dapat terhindar.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan