Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Global Estetik – Air merupakan salah satu komponen penting yang menyusun sel_sel di seluruh tubuh dan dua pertiga berat bada setiap orang terdiri dari air. Air yang ada di dalam tubuh berasal dari asupan minuman dan makanan yang dikonsumsi. Peran air di dalam tubuh sangat banyak, beberapa di antaranya yaitu berperan dalam keseimbangan cairan dan pengaturan suhu tubuh.

Setiap hari tubuh kehilangan cairan yang dikeluarkan saat berkeringat, serta melalui urin dan tinja. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh. Kondisi ini disebut sebagai dehidrasi. Tidak banyak orang yang mengatahui gejala saat tubuh kekurangan cairan sehingga membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. Oleh karena itu agar kondisi tubuh Anda tidak semakin buruk akibat kekurangan cairan, berikut ini berbagai tanda saat tubuh mengalami dehidrasi.

Nyeri Kepala dan Pusing

Saat tubuh kekurangan cairan seringkali ditandai dengan pusing dan nyeri kepala. Kadar air yang berkurang di dalam tubuh menyebabkan jumlah cairan di otak menjadi berkurang sehingga memicu nyeri kepala seperti migrain. Selain itu, kekurangan cairan juga menyebabkan aliran oksigen dan darah yang menuju ke otak menjadi berkurang.
Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda segera minum segelas air putih sebelum memutuskan untuk minum obat pereda nyeri kepala. Jika rasa nyeri di kepala dan pusing yang Anda alami disebabkan oleh kekurangan cairan maka rasa nyeri tersebut akan segera hilang hanya dengan meminum air putih.

Merasa Lapar

Saat mengalami dehidrasi tubuh akan mengirimkan sinyal yang salah ke otak. Kesalahan tersebut diasumsikan jika tubuh merasa lapar. Bila Anda mengalami hal tersebut, maka segeralah minum segelas air putih sebelum mengonsumsi makanan berat.

Bau Mulut

Tubuh yang kekurangan cairan juga ditandai dengan bau yang tidak sedap pada mulut. Hal ini disebabkan produksi saliva yang mengandung zat-zat yang dapat membunuh kuman berkurang sehingga kuman yang ada di dalam mulut tumbuh lebih cepat dan menyebabkan bau mulut. Selain itu, cairan yang melapisi mukosa mulut menjadi berkurang akibat dehidrasi sehingga mulut menjadi kering.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan