Tanda-tanda Saat Daya Tahan Tubuh Menurun

Global Estetik – Untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan penyakit, tubuh memiliki sistem yang disebut dengan sistem imun atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh harus dibangun dengan menerapkan pola hidup sehat. Kondisi daya tahan tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda, namun terkadang sulit untuk menentukan apakah daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang bagus atau tidak. Pola makan yang tidak teratur, perubahan cuaca dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menurukan daya tahan tubuh. Turunnya daya tahan tubuh dapat meningkatkan berbagai risiko terserang penyakit. Di saat sistem daya tahan tubuh sedang menurun, disarankan untuk melakukan pencegahan agar kuman penyakit tidak berkembang. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri atau tanda-tanda saat daya tahan tubuh sedang menurun.

Tanda-tanda Daya Tahan Tubuh Menurun

  • Berat badan berubah secara drastis

Salah satu tanda saat daya tahan tubuh Anda sedang menurun adalah berat badan yang berubah secara drastis. Jika berat badan Anda turun atau naik secara ekstrim Anda harus lebih berhati-hati karena bisa jadi hal itu merupakan tanda jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun atau terdapat virus yang menyerang tubuh Anda.

  • Hidung terasa kering

Hidung kering juga dapat menjadi tanda jika daya tahan tubuh menurun. Hal ini dapat terjadi karena lendir yang dihasilkan oleh hidung saat pilek dapat menahan virus berbahaya yang menyerang tubuh. Tidak adanya lendir di dalam hidung menyebabkan kuman atau virus dapat dengan mudah menyerang daya tahan tubuh. Oleh karena itu, jika hidung terasa kering maka ada baiknya untuk periksakan kesehatan Anda ke dokter.

  • Sering tidak enak badan

Flu yang dialami oleh orang dewasa umumnya berkisar antara 2 hingga 3 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami flu lebih dari itu, maka dapat dipastikan daya tahan tubuh Anda dalam keadaan lemah dan menandakan jika tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup.

  • Emosi tidak stabil

Kondisi emosi yang tidak stabil atau stres juga dapat menjadi tanda jika daya tahan tubuh menurun. Sebab jika Anda dalam keadaan stres maka sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit juga akan ikut turun.

  • Merasa kedinginan

Tubuh terasa menggigil atau kedinginan dapat menjadi sinyal saat daya tahan tubuh sedang turun. Hal ini juga dapat menjadi pertanda jika tubuh akan mengalami sakit flu.

Itulah beberapa sinyal atau tanda-tanda jika kondisi daya tahan tubuh menurun. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan makan secara teratur, tidur cukup dan rutin berolahraga. Dengan kondisi daya tahan tubuh yang baik akan membuat tubuh lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas dan berbagai rutinitas lainnya.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan