Perkenalan Pertama dengan Proses Penambalan Gigi

Global Estetik – Penambal gigi digunakan untuk memulihkan gigi yang telah rusak oleh kerusakan gigi. Perkembangan tambalan berwarna alami gigi telah memberikan dokter gigi dan pasien  alternatif yang lebih aman dan lebih menarik. Dengan mencocokkan tambalan komposit dengan warna alami gigi anda, dokter gigi  yang terampil dapat memberi anda tambalan berwarna putih yang hampir tak terlihat. Pengangkatan tambalan amalgam tua dapat memberi pasien tambalan putih alami yang memberikan senyuman yang lebih sempurna bagi anda.

 

Jenis Material Penambal Gigi
  • Amalgam: Amalgam, juga dikenal sebagai tambalan perak, adalah jenis material yang paling umum dan ekonomis.
  • Resin Komposit:  Material Tambalan Resin komposit lebih enak dipandang.
  • Glass Ionomer: Jenis fillings ini terutama digunakan dalam tambalan di bawah garis gusi dan umumnya pada anak kecil.
  • Emas: Jenis material ini sangat cocok untuk pasien gigi sensitif dan tahan terhadap korosi, noda, dan keausan namun termasuk bahan yang paling mahal.
  • Keramik atau porselen: Material keramik dan porselen paling dekat meniru warna gigi alami dan bisa semahal tambalan emas.

 

Tahap Persiapan

Selama pertemuan dengan dokter gigi, dokter gigi akan mengambil gambar sinar-X dari mulut anda kemudian dokter gigi akan memeriksa hasil rontgen mulut anda, mengecek gigi, gusi, dan tulang di sekitarnya untuk mendiagnosis masalah. Jika dokter gigi nantinya menemukan bukti kerusakan gigi dan gigi berlubang, dia akan merekomendasikan perawatan yang tepat. Jika pasien hanya mengalami kerusakan gigi ringan sampai sedang, penambalan gigi bisa digunakan untuk mengembalikan gigi kembali kedalam keadaan sehat.

Setelah dokter gigi anda menentukan gigi mana yang terkena kerusakan, laser atau alat pembersih gigi lainnya digunakan untuk menyingkirkan area gigi yang terinfeksi. Setelah gigi sudah disiapkan, dokter gigi dapat mengisi area gigi yang hilang dengan material yang anda inginkan. Jika anda memiliki tambalan perak tua yang perlu diganti, dokter gigi anda akan mengangkat bahan amalgram, membersihkan debris atau kerusakan yang mendasarinya, dan membentuk material komposit ke dalam gigi.

 

Proses Penambalan Gigi

Dengan tambalan materi komposit, dokter gigi menggunakan perangkat gigi yang mengisolasi gigi yang akan ditambal sehingga kelembaban tidak mencegah material komposit menyatu dengan benar ke gigi. Dokter gigi kemudian menerapkan solusi komposit untuk mengisi area yang kosong dan memberikan lebih banyak dukungan pada gigi. Sinar khusus akan dipancarkan diatas bahan pengikat untuk jumlah waktu tertentu sampai material penambal mengeras. Akhirnya, dokter gigi mengatur jumlah bonding material hingga menyempurnakan gigitan sesuai keinginan pasien.

Dalam proses penambalan yang mengunakan material perak untuk merawat gigi berlubang, dokter gigi menggunakan prosedur yang serupa dengan prosedur pengisian komposit; Perbedaannya adalah gigi tidak perlu diisolasi dan sinar khusus tidak perlu digunakan saat silver amalgram digunakan untuk mengisi rongga.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan