Sikat Gigi Manual : Efektifivitas dan Presisi dalam Kebersihan Gigi

Global Estetik – Sikat gigi telah banyak berubah dari dahulu ketika pertama kali bangsa Mesir menggunakannya pada tahun 3500 SM. Kini industri peralatan kebersihan gigi telah menjadi salah satu industri terbesar dalam dunia kesehatan modern. Perubahan dalam bentuk dan inovasi yang semakin meningkat membuat banyaknya pilihan dalam memilih sikat gigi dan pasta gigi. Sikat gigi khususnya, kini terdapat banyak variasi bentuk dan tipe yang membuat orang bertanya-tanya akan sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari produk yang mereka gunakan. Tidak ada yang salah dalam memilih menggunakan sikat gigi baik dalam bentuk manual atau sikat gigi elektrik, keduanya mempunyai fungsi yang sama. Namun untuk lebih jelasnya, simak breakdown akan kelebihan dan kekurangan sikat gigi konvensional berikut ini.

 

Kelebihan Sikat Gigi Manual

Kelebihan terbesar dari sikat gigi manual adalah lebih luasnya kendali atas cara dan gaya dalam menyikat gigi. kamu bisa memutuskan seberapa cepat dan seberapa keras menyikat gigi, gusi, pipi, dan lidah. Hal ini menghasilkan proses pembersihan yang lebih nyaman bagi mereka yang memiliki daerah sensitif pada mulut atau yang merasa bahwa getaran konstan sikat gigi elektrik malah menimbulkan masalah.

Sikat gigi manual atau tradisional memiliki pilihan biaya yang jauh lebih vaiatif dan tergolong sangat murah dibandingkan dengan penyikat gigi dari listrik. Sikat gigi manual juga tidak banyak mengambil tempat, membuat perjalanan dan penyimpanan sangat mudah, terutama karena tidak memiliki bagian- bagian tambahan. Ketidakbutuhan akan baterai atau stasiun pengisi listrik adalah alasan yang sederhana namun tergolong penting dalam melihat perspektif dalam memilih sikat gigi.

 

Kekurangan Sikat Gigi Manual

Sikat gigi manual bergantung pada pengguna yang memiliki teknik menyikat yang sangat baik untuk membersihkan gigi dan mulut secara menyeluruh. Ini dapat masalah bagi mereka yang tidak meluangkan waktu untuk menyikat gigi dengan benar dan yang tidak teliti dan jeli dalam menyikat gigi. Hal ini juga dapat menghadirkan masalah bagi mereka yang merasa menyikat gigi adalah hal yang menyulitkan. Untuk membersihkan mulut dengan sempurna, dibutuhkan sedikit ketangkasan dan kejelian dalam proses menyikat gigi guna dapat menyentuh seluruh tempat-tempat yang sulit di raih. Kebutuhan akan skill ini yang membuat mungkin sikat gigi tradisional bukan pilihan terbaik bagi mereka yang merasa sulit dalam meng-handling sikat gigi. Ada juga kalangan orang-orang yang memiliki kesulitan motorik, artritis, atau kondisi lain mungkin menemukan sikat gigi manual sedikit menyusahkan.

Sikat manual juga mungkin tidak memiliki daya pikat yang sama seperti sikat gigi elektrik, dan ini bisa mengakibatkan sikap bersemangat dalam menyikat gigi jadi berkurang. Bagi anak-anak, sikat gigi manual memang hadir dalam warna yang menyenangkan yang menampilkan karakter kartun. Tapi untuk orang dewasa yang lebih memilih pilihan teknologi tinggi, sikat gigi manual adalah pilihan yang kurang menyenangkan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan