Sikat Gigi Elektrik : Evolusi Dalam Menyikat Gigi

Global Estetik – Teknologi memperbarui dan menyentuh semua elemen dalam kehidupan kita. Dalam dunia kesehatan gigi, teknologi telah mengubah beberapa pendekatan terhadap perawatan gigi secara menyeluruh. Meskipun masih ada alat-alat manual yang masih digunakan dalam perawatan gigi sehari-hari namun beberapa revolusi dalam penanganan masalah bagi kesehatan gigi telah berubah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Sikat gigi yang dulunya hanya berasal dari ranting-ranting tumbuhan yang dapat dikunyah kini telah berevolusi menjadi sebuah alat yang memiliki teknologi tinggi dengan banyak pilihan inovasi didalamnya. Kali ini kita akan melihat lebih dalam mengenai sikat gigi elektrik. 

  • Kelebihan Sikat Gigi Elektrik

Kelebihan paling besar pada sikat gigi elektrik adalah umumnya mereka lebih memikat dan nampaknya lebih menyenangkan untuk digunakan. Ini adalah aspek yang krusial bagi mereka yang enggan menyikat gigi dua kali setiap hari, terutama untuk anak-anak karena ini akan dapat meningkatkan antusiasme mereka untuk menyikat gigi. Ini adalah salah satu bukti yang jelas dimana sikat gigi elektrik bisa lebih efektif daripada sikat gigi manual.

Sikat gigi elektrik bisa menghemat waktu dan dapat melakukan pekerjaan pembersihan dengan lebih teliti karena sikat gigi elektrik menghasilkan antara 6.000 dan 30.000 putaran per menit. Ini berarti dibutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk membersihkan gigi dengan benar, namun catatan ini belum tentu bekerja lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan sikat gigi manual. Memastikan bahwa setiap gigi dibersihkan dengan benar merupakan variabel yang sangat penting dan tidak bisa begitu saja dilewatkan.

Bagi mereka yang tidak menyukai pegangan sikat gigi pada saat untuk menggunakan sikat gigi manual, sikat gigi elektrik merupakan pilihan tepat karena sikat gigi jenis ini mudah menahan dan gampang dalam penggengamannya.

  • Kekurangan Sikat Gigi Elektrik

Bahkan sikat gigi listrik murah saja biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada harga sikat gigi manual, apalagi jika memilih sikat gigi elektrik yang memiliki kualitas yang lebih tinggi tentunya harga yang ditawarkan akan meningkat secara lebih signifikan. Bermula dari harga dasar yang memang sedikit lebih mahal serta alat charger dari sikat gigi elektrik, kepala sikatnya juga harus diganti secara frekuentif mengikuti skema pada sikat gigi manual dan terkadang harga kepala sikatnya dapat menjadi sedikit mahal tergantung dari brand yang anda pilih.

Bentuk dari sikat gigi elektrik yang besar juga membuat ini menjadi kelemahan yang dimiliki oleh tipe sikat gigi jenis ini, apalagi bagi anda yang suka bepergian atau bagi anda yang memiliki ruang sempit di dalam kamar mandi anda. Sikat gigi itu sendiri berukuran dua kali lipat dari sikat gigi manual dan dilengkapi dengan stasiun pengisian  yang mempunya ukuran yang bervariasi yang perlu anda pertimbangkan.

Beberapa orang menganggap bahwa getaran yang ditimbulkan oleh sikat gigi elektrik mengganggu dan pada beberapa kasus bahkan ditemui adanya kesakitan pada saat penggunaan sikat gigi elektrik. Bagi anda yang memiliki masalah gusi, gigi longgar, atau sensitivitas umum harus secara serius mempertimbangkan metode menyikat gigi ini karena mengendalikan tekanan dan kekuatan sikat gigi elektrik  sangat sulit.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan