Serba – Serbi Gigi Palsu Lepasan [Bagian Kedua]

Global Estetik – Setelah membahas beberapa tipe Gigi Palsu Lepasan pada bagian pertama, kali ini kami akan jelaskan mengenai beberapa jenis gigi palsu lepasan berdasakan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Secara tipe material yang digunakan, ada empat jenis gigi palsu lepasan, yang terbuat dari akrilik, polycarbonate, valplast dan metal frame.

Akrilik

Gigi palsu dengan bahan akrilik ini sangat populer dalam proses pemasangan gigi palsu dan tipe yang paling terkenal di kalangan masyarakat luas. Gigi palsu berbahan dasar akrilik ini menggunakan bahan polymer berbentuk bubuk (powder) yang dicampur dengan Benzoyl peroksida dan pigment (untuk memberikan warna alami) yang kemudian dipanaskan pada suhu tertentu sehingga pada akhirnya dicetak sesuai dengan kebutuhan. Harganya yang murah menjadikannya primadona di antara beberapa tipe gigi palsu lepasan lainnya. Namun dibalik sisi ekonomis dan ergonomis saat membersihkan, denture tipe ini sedikit fragile sehingga gampang retak dan patah jika tidak dijaga dengan baik.

Polycarbonate

Gigi palsu berbahan plycarbonate ini bisa dikatakan saudara terdekat dari gigi palsu akrilik, bentuk dan proses pembuatannya mirip namun lebih advance dengan menggunakan sistem injection. Bahan yang digunakan juga bukan lagi percampuran polymer dan non-polymer, melainkan menggunakan bahan nylon. Bahan ini jauh lebih kuat dibanding akrilik namun masih tetap membutuhkan plat sebagai penyangganya. Penggunaan penyangga inilah yang terkadang membuat beberapa pasien mengeluh ketika besi penyangga telah berubah menjadi aus.

Valplast

Banyak orang yang mengira valplast ini adalah tipe dari gigi palsu lepasan namun sebenarnya, Valplast adalah mereka dagang dari perusahaan pembuat gigi palsu lepasan tersebut. Valplast®  menggunakan plastik yang elastis yang disebut resin atau damar. bahan ini memiliki sifat biocompatible dengan nilon yang menjadikannya memiliki kemampuan untuk flexible dan tahan apabila terjatuh dan tidak memerlukan bantuan kawat atau plat penyangga pada penggunaan gigi palsu sebagian. Kekurangan dari penggunaan material ini adalah warnanya yang gampang luntur serta sulitnya proses pembersihan. Ada pula kasus dimana beberapa pasien mengeluh dengan bau mulut yang ditimbulkan ketika menggunakan gigi palsu berbahan valplast.

Kerangka Logam  

Sesuai dengan namanya, Gigi Palsu Lepasan ini menggunakan metal yang biasanya terbuat dari titanium dan chrome cobaltBasisnya biasanya dapat dikombinasikan dengan bahan valplast atau polycarbonate, konsultasikan dengan dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan hasil terbaik dengan harga paling ekonomisDengan menggunakan kerangka logam, nantinya tidak dibutuhkan lagi kawat penyangga dan plat yang digunakan bisa ditekan ketebalannya sehingga nyaman di mulut.

ThermoSens

Bahan ini adalah penemuan terbaru yang sangat terkenal di dunia, bentuk yang fleksible dan tidak mudah patah menjadi salah satu dari banyak fitur dari pilihan material ini. Gigi palsu pertama yang tidak hanya monomer dan bebas akrilik, tapi juga hampir tidak dapat dipecahkan. ThermoSens memiliki kualitas warna yang sama dengan akrilik, namun tanpa ketidaksempurnaannya. Bahan ini mempunyai kemampuan untuk blending secara sempurna dengan warna gigi natural anda.

Hal yang fantastis tentang Thermosens adalah material ini bersifat hidrofobik sehingga tidak menyerap air liur atau bakteri mulut sehingga Gigi palsu anda tetap berbau segar selama bertahun-tahun dan jauh lebih higienis dibandingkan jenis gigi palsu konvensional lainnya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan