Senyum Indah Vs Minuman Berpemanis Buatan

Global Estetik – Minuman dengan pemanis buatan telah menjadi minuman standar untuk setiap kegiatan kita, dengan banyaknya iklan yang membuat sentimen masyarakat beranggapan bahwa minuman-minuman ini tidak menimbulkan efek berbahaya. Tetapi faktanya adalah minuman dengan pemanis buatan ini tidak sehat, terutama untuk kesehatan gigi dan senyum kita. Gigi kita memiliki bakteri berbahaya yang memakan gula yang kita konsumsi dari minuman tersebut. Bakteri mendapat energi dari gula, namun dalam prosesnya ia menghasilkan asam dan asam inilah yang  bisa merusak gigi dan menyebabkan lubang terbentuk pada gigi.

Beberapa minuman paling umum yang dikonsumsi sebenarnya memiliki banyak gula, bahkan minuman yang dipasarkan sebagai “sehat” atau “alami” juga memiliki kadar gula diatas dari yang tubuh kita butuhkan. Kalau kamu berpikir akan aman dengan minuman seperti jus, pikirkan lagi! Segelas jus apel mengandung gula dalam jumlah yang sama dengan segelas soda. Menurut USDA, gula harus membentuk tidak lebih dari 10% asupan kalori harian. Bagi wanita, yaitu 10-15 sdt per hari sementara bagi kaum pria berkisar antara 12,5-18,75 sdt. Hanya dengan satu gelas jus apel akan membawa kamu berada di ambang batas asupan gula harian.

Menghilangkan minuman manis dari makanan kita menjadi pilihan yang terbaik, namun bagi sebagian orang akan sulit unutk menghilangkan seluruh konsumsi minuman-minuman tersebut. Langkah pertama yang harus diambil ialah mengurangi jumlah minuman manis yang dikonsumsi atau mengganti pilihan dengan minuman yang mengandung sedikit gula.

Mengganti pilihan minuman dengan minuman yang sedikit mengandung gula atau tidak mengandung gula sama sekali akan memberikan efek kepada minimnya kesempatan bakteri di dalam mulut  untuk menimbulkan masalah dan membuat asam yang bisa merusak gigi. Air juga dapat mengandung fluorida, yang melindungi gigi terhadap gigi berlubang. Kalsium dalam susu juga membantu menjaga gigi tetap kuat.

Dengan mengetahui minuman mana yang mengandung gula dan minuman manis yang dapat merusak kesehatan gigi adalah langkah awal yang baik menuju perubahan. Tetapkan tujuan untuk gigi yang lebih sehat. Kebiasaan baik dimulai pada usia muda, jadi perhatikan pilihan minuman yang akan anda berikan bagi anak anda, dan pastikan anda telah membuat keputusan sehat tentang apa yang akan mereka minum. Berikan contoh positif, dan anda beserta orang terdekat akan memiliki senyum yang lebih indah dan masa depan yang lebih sehat.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan