Semua Tentang In Office Bleaching [Bagian Kedua]

Global Estetik – Hari ini, anda memiliki lebih banyak pilihan pemutih daripada sebelumnya. Meskipun ada banyak produk over-the-counter yang bisa dipilih, perawatan profesional dan perawatan dokter gigi lebih aman dan menawarkan hasil yang lebih memuaskan. Hasil dari proses ini bervariasi tergantung pada kesehatan gigi dan perawatan yang anda pilih. Namun, sebagian besar pasien telah puas dengan hasil perawatan bleaching mereka

Pada bagian pertama, kami telah sajikan proses dan tahap dari proses in office bleaching, kini kita akan bahas teknik-teknik yang biasa digunakan dalam proses pemutihan gigi ini.

Sinar Khusus atau Emiten Energi

Proses pemutihan gigi menggunakan sinar atau cahaya menggunakan energi cahaya yang digunakan untuk mempercepat proses in office bleaching. Berbagai jenis emiten energi dapat digunakan dalam prosedur ini, baik halogen, LED, atau plasma arc. Penggunaan sinar selama pemutihan meningkatkan risiko sensitivitas gigi dan mungkin tidak lebih efektif daripada pemutihan tanpa cahaya saat peroksida hidrogen berkonsentrasi tinggi digunakan.

Sumber emite energi ideal harus memiliki energi yang cukup tinggi untuk merangsang molekul peroksida tanpa terlalu menyakiti gigi. Sinar yang digunakan biasanya berada dalam spektrum cahaya biru karena  telah ditemukan mengandung panjang gelombang paling efektif untuk memulai reaksi hidrogen peroksida. Penerapan gel pemutih hidrogen peroksida kelas gigi profesional (25-38% hidrogen peroksida), dan paparan sumber sinar untuk 6 – 15 menit. Kemajuan teknis terbaru telah meminimalkan panas dan emisi ultraviolet, memungkinkan prosedur persiapan pasien yang lebih pendek. Sebagian besar perawatan pemutihan gigi dapat dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit sampai satu jam, dalam satu kunjungan ke klinik dokter gigi profesional.

Katalis Nano Partikel

Penemuan terbaru dalam proses pemutihan gigi adalah agen pemutihan nano yang disokong oleh catalyst yang mengandung konsentrasi hidrogen peroksida lebih rendah dengan katalis berbasis nanopartikel titanium oksida. Mengurangi konsentrasi hidrogen peroksida akan menyebabkan insiden hipersensitivitas gigi menjadi lebih rendah. Nanopartikel bertindak sebagai fotokatalis, dan ukurannya mencegah mereka menyebar jauh ke dalam gigi. Saat terkena cahaya, katalis akan menghasilkan penghancuran hidrogen peroksida yang cepat dan terlokalisir menjadi radikal yang sangat reaktif. Karena masa yang sangat singkat dari radikal bebas, pasien dapat menghasilkan efek pemutihan yang serupa dengan agen pemutihan konsentrasi yang jauh lebih tinggi di dalam lapisan luar gigi tempat katalis nanopartikel berada.

Internal Bleaching

Tidak seperti pemutihan eksternal, yang mencerahkan gigi dari luar, Pemutihan internal mencerahkan gigi dari dalam ke luar. Pemutihan gigi secara internal melibatkan pengeboran lubang ke ruang pulpa, membersihkan, menyegel, dan mengisi saluran akar dengan titik gutta-percha, dan menempatkan gel peroksida atau natrium perborate tetrahidrat ke dalam ruang pulpa sehingga mereka dapat bekerja langsung di dalam gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan