Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Flouride [Bagian Pertama]

Global Estetik – Fluoride: element paling common dan terkenal efektif untuk melindungi gigi, tapi bagaimana cara flouride sebenarnya melakukan penjagaan atas gigi dan mulut kita ? kalau kamu pernah bertanya-tanya apa sih hebatnya fluoride itu, Kenapa setiap pasta gigi selalu ada kandungan fluoridenya ? atau berapa banyak yang benar-benar kamu butuhkan untuk menjaga kesehatan mulut ? kalau kamu tipe orang yang penasaran tentang fluoride dan dampaknya ke kesehatan gigi kamu sudah berada di tempat yang tepat! Kami akan melakukan demistifikasi fluoride dan menjelaskan semua hal yang perlu kamu ketahui tentang mineral yang dicintai gigi ini.

Apa itu Fluoride ?

Fluoride (bukan Flouride) adalah mineral alami yang tidak berwarna dan alami yang dapat ditemukan di seluruh permukaan bumi. Dapat ditemukan dalam bentuk padat, cair dan gas dan, jika diaplikasikan dalam dosis kecil, telah terbukti memperkuat gigi dan mencegah kerusakan gigi. Karena alasan inilah fluoride sering ditambahkan dalam dosis sangat kecil ke air minum di kota tempat kamu tinggal karena telah terbukti mencegah gigi berlubang bila dibandingkan dengan daerah tanpa air minum berfluoride.

Fluoride dalam pasta gigi sebenarnya bukan sepenuhnya murni fluoride, melainkan sodium fluoride atau stannous fluoride atau terkadang juga bisa merupakan senyawa sodium monofluorophosphate. Penemuan yang menunjukkan bahwa Fluoride sangat baik untuk kesehatan gigi berawal ketika seorang dokter gigi bernama Frederick McKay pindah ke Colorado Springs di tahun 1911. Dalam kegiatannya menjadi dokter gigi di Colorado, McKay menemukan bahwa gigi para penduduk lokal berwarna kuning kecoklatan meskipun gigi mereka dalam keadaan sehat. Meskipun memiliki gigi yang berwarna tidak sedap, namun gigi para penduduk lokal Colorado spring memiliki ketahanan yang lebih terhadap kerusakan gigi.

McKay kemudian mencoba menghubungi teman-temannya sesama profesi dokter gigi untuk meneliti rahasia dibalikan ketahanan gigi para penduduk Colorado Springs, hingga akhirnya McKay menemukan rahasia tersebut setelah melakukan penelitian selama tiga puluh tahun. Hasilnya ada penduduk local Colorado Springs memang memiliki gigi dengan warna yang buruk namun mereka memiliki gigi yang sehat diakibatkan oleh air yang mereka konsumsi mengandung fluoride natural. Kemudian para peneliti lain juga menyatakan bahwa apabila konsentrasi fluoride didalam air berada pada takaran 1 per 1.000.000 (satu per satu juta) maka air tersebut akan dapat memberikan kekuatan bagi gigi dalam menghindari dari penyakit gigi berlubang dan kerusakan gigi. Namun penelitian ini juga belum dapat mengetahui secara pasti bagaiman fluoride dapat melindungi gigi. Hingga akhirnya di tahun 1962, sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi element didalam fluoride membantu enamel yang mengandung komponen hydroxyapatite yang apabila bertemu dengan ion dari fluoride akan mencegah terkelupasnya ia dari enamel gigi.


Kalau kamu pernah ke dokter gigi  akhir-akhir ini untuk pemeriksaan gigi rutin, kamu mungkin telah mengalami perawatan fluoride yang terkonsentrasi yang biasanya berbentuk busa rasa dan dioleskan ke gigi dengan menggunakan tray khusus untuk gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan