Seberapa Aman Penggunaan Dental X-Ray Untuk Manusia ? – Part 2

Global Estetik – Penggunaan dental x-ray membantu dokter gigi dalam banyak hal dari penanganan masalah yang lebih awal hingga membantu pasien dalam pengelolaan kesehatan gigi dan mulut. Namun banyak informasi simpang siur mengenai penggunaan teknologi ini dan berikut kami lampirkan fakta untuk anda.

Prosedur Sinar-X Dental Selama Kehamilan

Wanita hamil umumnya disarankan untuk menghindari sinar-x. Meskipun radiasi minimal, sebaiknya hindari semua paparan bila memungkinkan demi kesehatan janin yang sedang berkembang. Untuk alasan ini, penting untuk memberi tahu dokter gigi anda apakah anda hamil atau sedang hamil.

Namun, ada beberapa kasus di mana wanita hamil masih harus menjalani pemeriksaan gigi x-ray. Jika anda mengalami keadaan darurat gigi atau berada di tengah rencana perawatan gigi, anda mungkin masih memerlukan rontgen selama kehamilan anda. Diskusikan masalah ini dengan dokter gigi anda untuk menentukan cara terbaik untuk melanjutkan. Sangat penting bahwa untuk menyeimbangkan kesehatan gigi dan prenatal. Wanita dengan penyakit periodontal memiliki risiko lebih tinggi terhadap hasil kehamilan yang merugikan, jadi sebaiknya anda tidak mengabaikan gigi selama kehamilan.

Dokter gigi pilihan anda dapat melakukan tindakan pencegahan yang lebih baik, seperti menggunakan celemek bertimbal dan kerah tiroid, untuk semua sinar-x yang diambil selama kehamilan anda jika prosedur dianggap perlu dilakukan. Menjaga agar dokter gigi anda selalu diberitahu adalah cara terbaik untuk melanjutkan prosedur ini.

Tindakan Pencegahan dengan Dental X-Rays

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dokter gigi anda untuk meminimalkan radiasi dari sinar-X. Mengambil satu gambar daripada beberapa gambar mengurangi eksposur secara signifikan. Anda juga dapat berbicara dengan dokter gigi anda tentang penggunaan pengaturan radiasi terendah, terutama untuk anak-anak. Penutup yang menonjol dapat melindungi bagian-bagian tertentu dari tubuh anda dari radiasi.

Menentukan apakah sinar-X diperlukan

Cara terbaik untuk meminimalkan paparan radiasi dari sinar-x dental adalah memastikan hal ini hanya dilakukan bila diperlukan. Tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk foto rontgen gigi. Sebaliknya, diserahkan kepada petugas kesehatan untuk membuat keputusan yang tepat mengenai apakah pasien memerlukan pemeriksaan sinar-x dengan pemeriksaan mereka. Faktor-faktor yang akan dipertimbangkan oleh dokter gigi anda meliputi:

  • Usia
  • Tahap perkembangan gigi
  • Sejarah kesehatan mulut
  • Faktor risiko untuk berbagai kondisi
  • Terdapatnya gejala

Satu studi menunjukkan bahwa melakukan evaluasi klinis pasien secara hati-hati dapat mengurangi kebutuhan akan sinar-x sebanyak 43 persen tanpa peningkatan tingkat penyakit yang tidak terdiagnosis. Jadi, jika anda khawatir dengan paparan, mintalah dokter gigi anda untuk melakukan pemeriksaan visual sebelum menggunakan sinarX. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa masalah dan banyak kondisi yang kemungkinan besar hanya akan didiagnosis melalui sinar-x.

Sinar-x dental dianggap sangat aman. Namun, penting untuk memahami tujuan dari setiap prosedur yang akan mengekspos anda terhadap radiasi. Jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan akan sinar-x gigi dengan dokter gigi pilihan anda untuk lebih memahami bagaimana dia dapat membantu melindungi dan memperbaiki kesehatan mulut anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan