Risiko Penyakit yang Mengintai Pekerja Kantoran

Globalestetik.com – Setiap pekerjaan tentu memiliki risikonya masing-masing terhadap kesehatan. Di zaman modern seperti saat ini, para pekerja umumnya lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer. Selain itu, para pekerja kantoran umumnya duduk berjam-jam di belakang meja. Hal ini tentunya memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan, seperti nyeri punggung, mata lelah, hingga gangguan tidur. Berikut risiko kesehatan yang mungkin menyerang pekerja kantoran.

  1. Mata lelah

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer bisa mengalami gangguan pada kesehatan yang dikenal dengan istilah computer vision syndrome atau gangguan pada penglihatan karena terlalu lama berada di depan komputer. Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan ini biasanya akan mengalami gejala berupa mata nyeri dan kering, pandangan kabur dan sakit kepala.

  1. Nyeri punggung

Bukan hanya para pekerja yang berjam-jam bekerja di depan komputer yang berisiko terhadap kesehatan, mereka yang pekerjaannya dituntut untuk berdiri berjam-jam juga memiliki risiko mengalami gangguan pada kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut yaitu terganggunya sirkulasi darah dan terjadinya pembengkakan pada anggota tubuh menjadi lebih besar. Selain itu, para pekerja berdiri berjam-jam untuk bekerja juga cenderung mengalami nyeri punggung yang lebih sering dibandingkan pekerja yang bekerja sambil duduk.

  1. Mudah sakit

Penelitian yang dilakukan oleh National Science Foundation, Amerika, mengungkapkan bahwa ada sekitar 26 persen pekerja yang berangkat ke kantor dalam keadaan sakit. Kondisi kantor yang penuh, dan adanya bakteri hingga tertular penyakit dari teman kantor merupakan beberapa faktor yang menyebabkan pekerja mudah sakit.

  1. Stress

Sekitar 75 persen pekerja di Amerika Serikat mengalami stress. Keadaan tersebut juga dapat mempengaruhi kondisi fisik, mulai dari sakit kepala, mual hingga lelah. Selain itu, stress yang dialami oleh pekerja juga membuat produktivitas menjadi menurun.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan