Ringkas dan Lengkap tentang Ameloblastoma

Global Estetik – Ameloblastoma adalah kelainan langka dari rahang yang melibatkan pertumbuhan jaringan abnormal. Tumor atau kista yang dihasilkan biasanya tidak ganas (jinak) namun pertumbuhan jaringan bisa menjadi agresif di area yang terlibat. Terkadang, jaringan di dekat rahang, seperti di sekitar sinus dan soket mata, bisa jadi terlibat juga. Jaringan yang paling sering menjadi korban adalah jaringan yang menyebabkan gigi meningkat sehingga ameloblastoma dapat menyebabkan distorsi wajah. Keganasan jarang terjadi seperti halnya metastasis, tapi mereka tetap pernah terjadi.

Ameloblastoma adalah kelainan langka yang menyerang pria dan wanita dalam jumlah yang sama. Ini mempengaruhi orang-orang dari semua latar belakang etnis dan semua kelompok usia. Ameloblastoma dapat muncul baik dalam x-ray biasa atau dalam studi pencitraan MRI.

Tanda & Gejala

Ameloblastoma ditandai oleh pertumbuhan abnormal di daerah sinus atau rahang, tumor ini juga sering hinggap di tempat molar ketiga. Tumor atau kista mungkin dapat menjadi agresif dan bisa menyebar ke hidung, soket mata dan tengkorak. Penting bagi pasien pengidap ameloblastoma untuk didiagnosis dan diobati sedini mungkin untuk menghentikan pertumbuhan tumor dan kemungkinan perkembangan kanker. Meski jarang terjadi, ameloblastoma telah diketahui menjadi ganas dan menyebar ke bagian tubuh yang lain, terutama ke paru-paru. Perawatan bedah awal harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk menghindari kekambuhan.

Ameloblastoma biasanya tidak menjadi ganas, namun terdapat bukti bahwa jaringan lebih cenderung menjadi ganas jika kondisinya terulang kembali setelah operasi.

 

Penyebab

Penyebab ameloblastoma tidak dipahami. Penyebabnya mungkin termasuk luka pada mulut atau rahang, infeksi gigi atau gusi, atau pembengkakan di area yang sama. Infeksi oleh virus atau kekurangan protein atau mineral dalam makanan juga diduga menyebabkan pertumbuhan atau perkembangan tumor ini. Secara umum,  para ilmuwan nelum dapat mendefinisikan penyebab kista dan tumor, atau alasan mengapa mereka bisa menjadi ganas.

Gangguan terkait

Gejala kelainan berikut bisa serupa dengan ameloblastoma. Perbandingan mungkin berguna untuk diagnosis banding:

Hard Odontoma adalah tumor yang berasal dari gigi. Ini terdiri dari beberapa ciri gigi seperti enamel, dentin dan semen. Hard Odontoma tumbuh dengan cara menyebar secara langsung; Ameloblastoma tumbuh dengan menginfiltrasi ruang-ruang lain.

Osteosarcoma mungkin sering dianggap mirip dengan ameloblastoma. Kanker tulang ini berbeda dengan tumor gigi yang timbul dari tulang dan membentuk sel-sel tulang panjang.

Kista Globulomaxillary berada di antara gigi dan bisa menyebabkan gigi menyebar. Kista berbentuk oval atau berbentuk hati ini  bisa diangkat atau dikeringkan. Terkadang pengobatan kista bisa menyebabkan hilangnya gigi.

 

Pengobatan

Operasi pengangkatan jaringan yang terkena adalah perawatan yang menjadi pilihan disini. Margin jaringan sehat yang lebar harus dikeluarkan dari daerah yang dirawat untuk mencegah kemungkinan pertumbuhan kembali tumor seminimal mungkin. Jika tumor memang reoccur, operasi harus dilakukan lagi.

Jika ada penyebaran tumor ganas, radiasi adalah pilihan pengobatan, namun kemoterapi biasanya tidak efektif dalam kasus ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan