Rekonstruksi Mulut Total – Resiko

Global Estetik  – Semua prosedur medis dan gigi disertai risiko, namun risikonya saat ini jauh lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya.

Risiko Umum

Infeksi pasien dan kontaminasi silang selalu berisiko di dalam prosedur medis. Perbaikan dalam protokol sanitasi, teknologi, dan disinfektan memiliki dampak positif yang signifikan dalam mengurangi risiko kontaminasi silang. Dokter gigi menggunakan autoklaf untuk mensterilisasi panas dan menyegel instrumen yang dapat digunakan kembali; Selain itu, banyak produk yang digunakan selama pengangkatan gigi bersifat disposable. Dokter gigi, hygienists, dan asisten juga memakai sarung tangan, sebagai tindakan pencegahan tambahan. Sertifikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) juga diperlukan untuk anggota tim klinis. Karena kontaminasi air menimbulkan risiko signifikan bagi pasien beberapa dekade yang lalu, hari ini diperlukan sumber air bersih di operator.

Material untuk perawatan gigi yang lebih baik, dan penggunaan mikroskop dan digital imaging, telah memperbaiki diagnosis dan hasil pengobatan. Dokter gigi sekarang cenderung menghargai perawatan konservatif dan sering berusaha menjaga jaringan alami dan sehat sebanyak mungkin saat menyiapkan gigi untuk proses restorasi.

Mengurangi Resiko

Berikan dokter gigi anda daftar lengkap obat yang anda pakai saat ini, dan teliti dalam riwayat kesehatan anda. Jika anda pasien pengidap penyakit jantung, antibiotik dapat diberikan sebelum prosedur sebagai tindakan pencegahan terhadap infeksi. Jika anda memakai prostetik gigi yang bisa dilepas, ikuti petunjuk pembersihan setiap hari. Biarkan dokter gigi anda tahu jika prostetik tidak sesuai dengan benar. Seiring waktu, gigi bisa bergeser dan gusi bisa menjadi bermasalah. Perubahan ini dapat mengharuskan perlunya penyesuaian terhadap prostetik anda.

Pasien ortodontik harus menyikat gigi setiap kali makan, menghadiri pertemuan sesering yang diinstruksikan, dan mengenakan retainer setelah selesai perawatan. Tidak memakai retainer dapat memungkinkan gigi untuk keluar dari keselarasan, yang dapat menciptakan kebutuhan akan prosedur ortodontik tambahan. Jika anda mengalami sakit di mulut atau percaya bahwa pekerjaan gigi anda mungkin perlu perhatian, jangan ragu membuat janji untuk bertemu dokter gigi pilihan anda. Selain homecare, menjaga jadwal pemeriksaan rutin dan pembersihan enam bulan anda sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Dokter gigi pilihan anda mungkin menyarankan kunjungan yang lebih sering, terutama untuk pasien yang menderita penyakit gusi, memakai ortodonsi, atau memiliki implan gigi baru.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan