Rekonstruksi Mulut Total – Diagnosa Awal

Global Estetik  – Selain diskusi, anda akan menjalani pemeriksaan oral, kepala, dan leher yang komprehensif. Banyak dokter gigi merekam kasus dengan mengambil foto digital wajah penuh pasien, dan juga senyum pasien. Gambar-gambar ini dapat dibandingkan, setelah perawatan, dengan foto hasil untuk presentasi sebelum dan sesudah.

Seringkali, dokter gigi menggunakan kamera kecil yang tergantung di ujung tongkat kecil untuk memotret di dalam mulut pasien. Dengan fitur zoom, alat intraoral ini dapat mengungkapkan seluk-beluk gigi dan gusi yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Misalnya, retakan kecil yang disebut crazing bisa menjebak di email gigi, mengorbankan integritas struktural gigi dan menyebabkan sensitivitas terhadap fluktuasi suhu dan tekanan. Crazing biasanya tidak terlihat, kecuali di bawah gambar dengan perbesaran.

Selama diagnosa awal, dokter dan timnya akan:

  • Meninjau kembali arsip, catatan, dan daftar obat yang pasien gunakan saat ini
  • Mengecek kepala dan leher pasien untuk kelainan apapun
  • Melihat semua jaringan lunak di mulut pasien, termasuk kulit eksterior dan interior bibir, pipi dalam, semua sisi lidah, gusi, dan kulit di atap dan lantai mulut pasien.
  • Menentukan apakah pasien memiliki gejala kanker mulut yang nyata; Dalam beberapa kasus, dokter gigi menggunakan teknologi luminescent dengan alat seperti VELscope atau ViziLite untuk deteksi kanker mulut dini.
  • Memeriksa gusi pasien untuk menentukan apakah kantong berukuran.3mm atau lebih besar ada di antara gigi dan gusi, yang mengindikasikan adanya penyakit gusi, atau penyakit periodontal.
  • Memeriksa setiap gigi di mulut pasien, dan juga perawatan gigi yang ada; Dalam beberapa kasus, dokter gigi menggunakan alat bantu seperti Diagnodent or Identifi untuk mengidentifikasi lubang.
  • Mengambil gambar x-ray dan memriksa struktur dasar rongga mulut pasien, termasuk akar gigi dan jaringan tulang rahang; Sinar-x juga bisa menunjukkan rongga di antara gigi
  • Merasakan sendi rahang untuk menentukan apakah mereka telah duduk di posisi sebenarnya; Dokter gigi neuromuskular dapat menggunakan unit TENS dan teknologi K7 atau J5 jika disfungsi sendi temporomandibular (TMJ atau TMD) dicurigai ada pada pasien.
  • Memriksa oklusi, atau bagaimana gigi bagian atas dan bawah pas bersama saat rahang tertutup
  • Beberapa dokter gigi juga melakukan tes saliva yang menilai HPV, kecenderungan penyakit periodontal dan jenis bakteri, serta masalah kesehatan potensial lainnya.
  • Dokter gigi pilihan anda mungkin akan melakukan x-ray 2D atau 3D, atau mengarahkan anda ke pusat radiologi untuk jenis gambar ini, yang dapat membantu dalam perencanaan diagnosis dan perawatan.
  • Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan temuan, seperti apakah pasien menderita sakit kepala, apakah rahang muncul suara pop dan klik, atau apakah gigi palsu pasien nyaman?

Setelah diagnosa awal diselesaikan, dokter gigi akan memiliki pemahaman yang baik mengenai rekonstruksi mulut total bagi anda. Dia mungkin akan menyajikan temuan awal pada pertemuan ini, namun mungkin perlu waktu untuk meninjau catatannya secara menyeluruh, bersama dengan catatan dan model gigi anda, sebelum merekomendasikan rencana perawatan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan