Ramadhan Series : Kumpulan Tips Kesehatan Penting Selama Bulan Puasa Episode 1

Global Estetik – Bulan Puasa sudah memasuki hari keenam namun tidak ada salahnya untuk selalu memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pengerjaan ibadah puasa yang hanya akan berlangsung satu bulan dalam satu tahun. Demi mengincar kesempurnaan dalam menjalani ibadah puasa sangat penting bagi kita sebagai umat islam untuk menjaga kesehatan demi kelancaran beribadah di dalam bulan yang suci ini. Berikut beberapa tips dasar untuk membantu anda dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman.

 

Jangan Pernah dengan Sengaja Tinggalkan Sahur

Sahur memang merupakan pekerjaan yang sangat berat, harus bangun pagi-pagi buta untuk makan bukanlah forte bagi manusia. Namun Nabi Muhammad   sangat menganjurkan untuk makan makanan pra-fajar ini sebelum berpuasa. Meskipun anda mungkin ingin tidur lebih lama, ingatlah bahwa anda selalu bisa untuk mencuri-curi waktu tidur saat anda sedang berpuasa, tapi anda tidak akan bisa makan atau minum. Agar lebih mudah, letakkan peralatan dan makanan kering di atas meja sebelum tidur sehingga anda bisa cepat makan dan kembali tidur setelah Sahur *jangan lupa shubuh dulu*.

 

Kurangi Konsumsi Lemak

Ingat ! Kurangi, bukan tidak mengonsumsi sama sekali. Konsumsi lemak berlebih akan menimbulkan efek tidak baik dalam kesehatan badan, belum lagi apabila anda berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang penuh dengan gula dan asam yang akan membawa mudharat berlebih pada gigi dan mulut anda nantinya.

 

Ikuti Anjuran Rasulullah ﷺ

Rasulullah   menganjurkan kita untuk selalu menjaga isi perut kita dengan golden rule satu pertiga. Aturan ini menganjurkan ummat islam untuk mengonsumsi makanan dan minuman secukupnya. satu pertiga minuman, satu pertiga makanan, dan satu pertiga ruang bagi udara di dalam perut kita.

 

Jalan-Jalan Kecil Selepas Berbuka

Sebelum anda kelelahan setelah berbuka puasa dan makan malam, berjalan-jalanlah di sekitar blok atau di sekitar bangunan rumah anda. Perubahan lingkungan dan keterpaparan pada udara segar mungkin akan membangunkan anda tepat pada waktunya untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

 

Sebisa mungkin Jangan Tinggalkan Shalat Tarawih

Shalat tarawih hanya ada di dalam bulan Ramadhan, selain menjadi momen spesial untuk bertambah keimanan, Shalat tarawih juga dapat menjadi ajang olahraga dan berguna untuk membakar lemak yang telah anda komsumsi ketika berbuka. Tarawih juga sangat baik untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan persaudaraan.

 

Cari Waktu untuk Tidur Siang (Meskipun Hanya Sejenak)

Para ahli mengatakan Anda tidak perlu tidur siang lebih dari 15 menit untuk benar-benar menyegarkan tubuh anda. Saat jam makan siang, temukan tempat yang sepi, atur alarm di jam tangan / ponsel anda dan cobalah untuk tidur siang. Ini bisa membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan jadwal Ramadhan setiap hari yang membutuhkan bangun pagi lebih awal untuk Suhur.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan