Quick Guide dalam Merawat Behel Gigi

Global Estetik -Penggunaan Behel bisa menjadi investasi finansial yang besar, dan hal terakhir yang dibutuhkan keluarga anda adalah biaya tambahan untuk memperbaiki atau mengganti peralatan yang rusak. Karena itu, cermat dalam merawat kawat gigi sangatlah penting, seperti merawat gigi dan gusi anda. Jika anda atau anak-anak anda tengah menjalani perawatan ortodontik, tip berikut dapat membantu melindungi investasi anda dan memastikan dalam menjaga kesehatan mulut yang baik selama dan setelah perawatan.

Behel Konvensional [Tradisional]

Untuk tipe behel yang ini permasalahan utama adalah pada mudahnya plak untuk terakumulasi di sekitar bracket  dan kebersihan mulut yang buruk saat memakai kawat gigi dapat menyebabkan penyakit periodontal (gusi) dan berubahnya warna gigi secara permanen. Oleh karena itu, sikat perlahan braket dan kawat penghubung setelah setiap kali makan menggunakan pasta gigi berfluoride dan sikat gigi yang lembut. Anda juga harus membersihkannya minimal sekali sehari dan menutupnya dengan berkumur dengan obat kumur sesuai rekomendasi dokter gigi pilihan anda.

Behel Gigi Lingual

Kawat gigi lingual dibangun seperti kawat gigi tradisional, tapi braket dan kawat lengkung dipasang di bagian belakang gigi. Merawat kawat gigi lingual – yang ditempatkan di belakang gigi – serupa dengan merawat kawat gigi dari varietas konvensional, dengan membersihkan gigi dan menghindari makanan keras atau lengket. Namun, lokasi mereka mungkin akan membuat anda lebih sulit untuk mengecek apakah mereka rusak atau jika anda telah melakukan pembersihan yang menyeluruh untuk menghilangkan partikel plak dan makanan di sekitar kawat gigi anda. Hal ini membuat pemeriksaan cermat terhadap kawat penghubung dan braket menjadi lebih penting lagi bila anda menggunakan kawat gigi lingual.

Aligners Transparan [Varietas Invisalign]

Perawatan invisalign menggunakan cairan clear aligners yang ditempatkan pada gigi anda. Entah mereka untuk anda atau anak-anak anda, pembuat Invisalign® merekomendasikan anda untuk menyimpan perangkat ini di dalam mulut anda selama 20 sampai 22 jam setiap hari. Ini berarti Anda hanya perlu melepasnya saat anda menyikat gigi dan makan. Merawat gigi anda cenderung lebih mudah dilakukan selama perawatan mengunakan peralatan Invisalign® karena tidak ada peralatan yang tidak praktis untuk dibersihkan; Cukup sekali sehari dan sikat gigi seperti biasanya setelah makan. Setelah membersihkan gigi, anda bisa membersihkan alat ini dengan menyikat dan membilasnya sebelum memasukkannya kembali ke mulut anda. Untuk mencegah kerusakan fisik pada aligners, selalu gunakan mereka dengan lembut pda saat memasang dan mengeluarkan mereka.

Tidak masalah jenis perawatan ortodontik apapun yang anda pilih, merawat kawat gigi dengan benar adalah kunci untuk menghindari biaya perbaikan dan perawatan tambahan yang tidak diperlukan. Demikian juga, dengan rajin merawat gigi dan gusi anda dapat memastikan senyum sehat dan indah saat kawat gigi nanti dilepas.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan