Prosedur Sinus Lift – Apa dan Bagaimana ?

Global Estetik – Operasi Sinus Lifting  adalah operasi untuk menambahkan tulang ke rahang atas di area geraham dan gigi premolar anda. Terkadang disebut augmentasi sinus. Tulang ditambahkan antara rahang anda dan sinus maksila, yang ada di kedua sisi hidung anda. Untuk memberi ruang bagi tulang, membran sinus harus digerakkan ke atas, atau “diangkat.” Sebuah sinus lift biasanya dilakukan oleh dokter spesialis. Ini bisa berupa ahli bedah mulut dan maksilofasial atau periodontis.

Fungsi dan Manfaat Sinus Lifting

Prosedur Sinus Lif dilakukan bila tidak ada cukup tinggi tulang di rahang atas, atau sinus terlalu dekat dengan rahang, saat implan gigi ditempatkan. Ada beberapa alasan mengapa prosedur ini dibutuhkan:

  • Banyak pasien yang telah kehilangan gigi di rahang atas – terutama gigi belakang, atau geraham – tidak memiliki cukup tulang untuk dipasangkan implan. Karena anatomi tengkorak, bagian belakang rahang atas memiliki tulang lebih sedikit dari rahang bawah.
  • Tulang mungkin terkikis karena penyakit periodontal (gusi).
  • Kehilangan gigi mungkin juga menyebabkan hilangnya tulang. Begitu gigi hilang, tulang mulai diserap kembali (diserap kembali ke tubuh). Jika gigi telah hilang untuk waktu yang lama, seringkali tidak cukup tulang yang tersisa untuk menempatkan implan.
  • Sinus maksila mungkin terlalu dekat dengan rahang atas saat implan diletakkan. Bentuk dan ukuran sinus ini bervariasi dari orang ke orang. Sinus juga bisa bertambah besar seiring bertambahnya usia.

Prosedur sinus lifting telah menjadi umum selama 15 tahun terakhir karena semakin banyak orang melakukan implan gigi untuk menggantikan gigi yang hilang.

Resiko Prosedur Sinus Lifting

Resiko utama mengangkat sinus adalah ketika membran sinus bisa tertusuk atau robek. Jika selaput ini robek selama prosedur, ahli bedah akan menjahit bagian membran yang telah koyak atau dengan melakukan patching di atasnya. Jika usaha perbaikan ini tidak berhasil, dokter bedah anda bisa menghentikan prosedur dan memberi waktu untuk penyembuhan hingga membran kembali dalam keadaan intact.

Dokter gigi pilihan anda dapat mengulang prosedur sinus lifitng ini setelah membran telah benar-benar sembuh. Ini biasanya memakan waktu beberapa bulan. Selaput yang disembuhkan cenderung menjadi lebih tebal dan kuat, yang berarti usaha kedua untuk mengangkat sinus kemungkinan akan berhasil. Namun, faktor lain juga mempengaruhi kesuksesan.

Infeksi adalah risiko prosedur operasi apapun. Namun, ini jarang terjadi setelah sinus diangkat. Pada kesempatan langka, tulang yang ada tidak berintegrasi dengan graft material, dan daerah yang dicangkokkan tidak mendapatkan suplai darah. Jika ini terjadi, setiap implan yang ditempatkan di area ini akan gagal karena tidak ada tulang hidup yang menempel padanya. Jika ini terjadi, pasien akan kembali menjalani prosedur pengangkatan sinus.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan