Plus dan Minus Fixed Permanent Retainer Part 1

Global Estetik – Tidak ada satu type retainer yang cocok untuk semua orang, tergantung dengan kasusnya, setiap pasien memilki kebutuhan berdasarkan keadaan mereka sendiri. Anda perlu berkonsultasi pada dokter gigi anda tentang jenis retainer yang akan mereka pertimbangkan untuk digunakan pada kasus anda. Dan kemudian kelebihan dan kekurangan spesifik masing-masing retainer tawarkan pada situasi anda.

Dengarkan dengan saksama ucapan ahli ortodontis anda sehubungan dengan rekomendasi mereka. Ingat, mereka baru saja menjalani satu tahun atau lebih untuk memberikan perawatan anda. Jadi, mereka akan memiliki pendapat yang sudah mapan bukan hanya tentang seberapa baik masing-masing jenis alat dapat melakukan tugasnya, tetapi juga tentang jenis yang paling efektif bagi gigi anda (pakai seperti yang diinstruksikan). Proses pemilihan ini sangat penting karena bagaimanapun, penggunaannya sebagai follow up dari penggunaan behel yang akan menentukan senyum indah anda.

Bahkan anda bisa menggunakan dua jenis retainer sekaligus seperti:

  1. Hawley Retainer untuk gigi atas, dan permanen retainer untuk gigi bawah
  2. Clear Retainer (Essix) untuk gigi atas dan permanen retainer untuk gigi bawah
Permanen Retainer

Permanen Retainer pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970an. Ini adalah era ketika banyak aplikasi baru untuk ilmu kedokteran gigi diperkenalkan. Istilah lain yang digunakan untuk merujuk pada retainer “permanen” adalah “menyatu” atau “tetap”. Itu karena retainer jenis ini melekat langsung ke gigi anda dan mereka tidak bisa dilepas seperti jenis yang lain.

Proses
  1. Bentuk paling sederhana dari tipe retainer ini adalah yang terdiri dari satu untai kawat solid atau jalinan.
  2. Kawat tersebut dibengkokan sedemikian rupa sehingga pas secara pasif menghadap ke bagian belakang (sisi lidah atau langit-langit) dari gigi yang akan dijaga posisinya.
  3. Material wire ini kemudian diikat dengan menggunakan semen komposit gigi (bahan ikatan gigi standar).

 Berapa Lama Mereka Akan Bertahan disana ?

Kecuali ada alasan essential dan mengganggu untuk mengangkat mereka, retainer jenis ini biasanya akan berada di tempatnya tanpa batas waktu tertentu. Satu studi di Universitas Oklahoma (Booth 2008) menemukan bahwa retainer jenis ini mampu memberikan layanan yang dapat diterima hingga lebih dari 20 tahun pemakaian.

Bentuk aplikasi jenis retainer permanen gigi yang paling umum adalah kawat kecil yang diposisikan di bagian belakang gigi depan pasien bagian bawah (terkadang disebut sebagai “kawat lingual“). Sebuah studi tentang retainer permanen yang dilakukan pada tahun 2008 menyatakan bahwa retainer jenis ini adalah yang paling sering digunakan untuk menjaga gigi bagian bawah. Meski tidak lazim, retainer jenis ini  juga bisa dimanfaatkan untuk bekerja sama dengan gigi bagian atas. Meski terkadang “gigitan” pasien akan membuat konfigurasi pemasangan retainer ini canggung atau bahkan dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan