Pilih Ini ! Jangan Yang Itu !

Global Estetik – Kita menyikat gigi dua kali sehari dan flossing dengan benar agar senyuman kita dapat menawan dan terlihat  sehat, tapi pernahkan terlintas di pikiran kita berapa banyak jenis makanan yang kita makan dan efeknya bagi kesehatan mulut kita ? Ada makanan yang bisa membantu menjaga gigi tetap kuat dan sehat, dan ada pula yang  bekerja untuk mengikis email dan menciptakan asam yang dapat merusak gigi. Berikut pilhan makanan yang baik dan buruk yang kita perlu ketahui.


  • Makan ini : Keju, Daging, Kacang-kacangan dan Susu

Beberapa pilihan makanan terbaik yang dapat kita konsumsi untuk kesehatan mulut adalah meliputi keju, daging, kacang-kacangan, dan susu. Makanan ini kaya akan kalsium dan fosfor, dua mineral yang membantu menjaga enamel gigi kita tetap kuat. Kalau kamu memilih makanan ini,  mineral di dalamnya membuat redeposit ke gigi  dan masuk ke dalam enamel gigi, yang disebut remineralisasi.

  • Jangan yang itu: Makanan berbahan tepung dan Karbohidrat berlebih

Makanan berlemak seperti keripik kentang, roti, pasta, dan biskuit mengandung lebih banyak gula daripada alternatif gandum. Jika tidak segera dibersihkan setelah makan, gula ini akan menghasilkan asam destruktif yang bisa membahayakan gigi dan gusi.


  • Konsumsi ini: Sayur dan Buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran adalah camilan yang bagus untuk gigi  karena mereka memiliki kandungan air yang tinggi yang mengencerkan gula alami mereka. Saat dimakan, makanan ini mengikis gigi dan kandungan airnya membantu membersihkan partikel makanan pada gigi. Buah dan sayuran dengan kadar air tinggi juga diketahui mendorong produksi air liur yang juga membantu membersihkan mulut dan menciptakan penghalang antara gigi dan asam perusak.

  • Berhenti Konsumsi itu: Buah dan Makanan yang Asam

Jika makanan yang asam seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, dan acar dimakan berlebihan atau disimpan di mulut dalam periode waktu yang lama, asam di dalamnya bisa menggerogoti enamel. Erosi email ini melemahkan kekuatan gigi dan bisa membuat mereka rentan terhadap kepekaan dan pembusukan.


  • Minum ini: Air

Air adalah minuman terbaik bila menyangkut dengan kesehatan mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air secara teratur dengan jumlah jejak fluorida dapat mencegah gigi berlubang sampai 25% lebih baik daripada air tanpa fluorida. Minum air putih sepanjang hari juga membantu membersihkan gula dan asam dari makanan yang ada di dalam dan di antara gigi. Hal ini mencegah penumpukan bakteri dan plak berbahaya yang memberi makan asam ini dan dapat merusak jaringan email gigi dan gusi.

  • Jangan minum itu: Soda, Jus dan Minuman berpemanis buatan lainnya

Sadar akan apa yang Anda minum sepanjang hari adalah langkah awal untuk menuju kesehatan gigi yang lebih baik. Terus menerus meminum minuman yang mengandung gula berarti terus-menerus terpapar asam berbahaya sepanjang hari. Dengan jumlah paparan gula tersebut berarti akan ada kerusakan gigi yang lebih cepat, dan kemungkinan masalah mulut lainnya seperti sariawan atau permasalahan yang lebih serius lainnya dimasa yang akan datang.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan