Pertanyaan Penting Yang Perlu Kamu Tanyakan Saat Mengunjungi Dokter Gigi [Bagian Kedua]

Global Estetik – Pentingnya kesehatan mulut meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena para periset telah menemukan hubungan antara menurunnya kesehatan mulut dan kondisi sistemik yang mendasarinya. Ternyata mulut yang sehat bisa membantu anda menjaga kesehatan tubuh. Bakteri dan pembengkakan di dalam mulut dapat dikaitkan dengan penyakit jantung, endokarditis, kelahiran prematur, dan berat lahir rendah. Dengan melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi, permasalahan mengenai mulut dan gigi anda akan dapat segera ditangani. Meskipun nantinya dokter gigi pilihan anda akan menjelaskan semua yang perlu anda ketahui namun tidak ada salahnya menyiapkan diri untuk pertemuan dengan dokter gigi. Baca baik-baik beberapa pertanyaan penting dan mendasar untuk persiapan menjalani proses pemeriksaan gigi nanti. Periksa juga bagian pertama dari artikel ini disini.

1. Apa yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut saya ?

Karena mulut setiap orang berbeda, meningkatkan kesehatan mulut Anda mungkin memerlukan rutinitas gigi yang disesuaikan. Dokter gigi mungkin akan memberikan rekomendasi spesifik berdasarkan kesehatan mulut dan gigi anda sekarang. Jika ternyata didapatkan banyak plak dibandingkan rata-rata orang lain, dokter gigi mungkin menyarankan untuk melakukan flossing lebih sering, atau merekomendasikan kunjungan gigi yang lebih frekuentif. Seorang dokter gigi pasti memiliki kapasitas untuk menunjukkan cara yang tepat untuk memperbaiki keadaan gigi dan mulut anda.

Dokter gigi Anda juga dapat menawarkan rekomendasi diet untuk kesehatan gigi yang baik. Sebagai contoh merekomendasikan untuk minum banyak air dan makan berbagai makanan dari masing-masing lima kelompok makanan utama ini seperti:

  • Biji-bijian
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Sumber protein
  • Produk olahan susu yang rendah lemak

2. Apakah ada terlihat tanda-tanda penyakit yang serius ?

Pemeriksaan gigi secara teratur dapat memberi petunjuk tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat dokter gigi mendeteksi masalah, mereka akan menyarankan untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan dokter umum atau spesialis pilihan anda. Misalnya, erosi email gigi bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung atau kebiasaan gemeretak gigi pada malam hari. Gusi yang membengkak dan bermasalah bisa menjadi tanda awal diabetes. Gusi yang meradang dan gigi yang longgar bisa menjadi tanda peringatan penyakit jantung. Meski beberapa obat bisa menyebabkan mulut kering, masalah ini juga merupakan pertanda diabetes atau penyakit Parkinson.

3. Mengapa saya harus melakukan pengecekan x-rays pada gigi saya ?

Dokter gigi pilihan anda akan memotret dengan sinar X ke mulut Anda jika anda adalah pasien baru, dan mereka mungkin akan mengulangi penggunaan sinar X setahun kemuadian. Sinar-X dapat membantu dokter gigi dalam mengidentifikasi penyakit mulut yang tidak dapat dideteksi dengan pemeriksaan langsung pada mulut. Biasanya proses ini akan membutuhkan biaay tambahan akan tetapi tes pencitraan sinar X ini berpotensi menghemat uang karena dokter gigi dapat melakukan diagnosa dan memperbaiki masalah gigi sejak dini. Sinar-X dapat mendeteksi:

  • Kerusakan Gigi
  • Proses tulang keropos
  • Perubahan pada struktur tulang
  • Abses
  • Kista, dan
  • Tumor
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan