Pertanyaan Penting Yang Perlu Kamu Tanyakan Saat Mengunjungi Dokter Gigi [Bagian Pertama]

Global Estetik – Fakta tak terbantahkan kalau berkunjung ke dokter gigi adalah hal yang mutlak dilakukan. Pentingnya untuk menemui dokter gigi secara teratur telah dibuktikan dengan banyaknya hasil penelititan yang membuat ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan kesehatan gigi yang sempurna. Penting juga untuk mempersiapkan kunjungan anda ke dokter gigi. Persiapan ini adalah untuk memastikan kesehatan gigi anda yang akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal penting yang lain yang mesti digarisbawahi adalah hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan ditanyakan saat anda mengunjungi dokter gigi pilihan anda. Berikut adalah pertanyaan penting dan informasi dasar mengenai kesehatan gigi yang perlu kamu tanyakan saat berkunjung nanti.

1. Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah gigi berlubang ?

Pembersihan gigi dapat menghilangkan plak dari gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang. Setelah proses pembersihan, dokter gigi akan memeriksa satu per satu gigi anda untuk melihat apakah ada gigi yang berlubang. Gigi berlubang adalah kerusakan gigi, atau lubang yang terbentuk di permukaan gigi Anda. Mereka biasanya tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada tahap awal, namun rasa sakit dan level kepekaan dapat meningkat menjadi masalah jika diabaikan.

Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Hal yang paling sering ditemui adalah kebiasaan minum minuman manis, mengkonsumsi banyak makanan bergula, dan bakteri di dalam mulut. Dokter gigi nantinya akan memberikan saran-saran untuk mengurangi jumlah gigi berlubang, diantaranya adalah menyikat gigi atau flossing yang lebih frekuentif dan berlanjut, menghindari beberapa jenis makanan tertentu, dan mengunyah permen karet tanpa gula sepanjang hari untuk meningkatkan jumlah air liur di mulut anda.

2. Mengapa senyawa fuoride penting bagi kesehatan gigi saya ?

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah fluoride saat menonton iklan untuk pasta gigi dan obat kumur. Fluoride adalah mineral yang banyak ditemukan dalam berbagai pilihan makanan dan air kemasan. Fluoride berguna untuk memperkuat enamel gigi dan menurunkan risiko kerusakan pada gigi. Setelah melakukan pengecekan pada mulut, dokter gigi  dapat menentukan apakah kamu perlu meningkatkan asupan fluoride. Ada banyak pilihan pasta gigi dan mouthwash yang mengandung fluoride jika dokter gigi nantinya menyarankan untuk meningkatkan penggunaanya.

3. Apakah obat yang saya konsumsi mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut saya ?

Beberapa obat dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Berdasarkan penemuan Badan Administrasi Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mulut kering adalah efek samping dari lebih dari 400 resep dan obat yang dijual bebas di pasaran. Orang yang memiliki mulut kering memiliki jumlah air liur yang lebih rendah di dalam mulut mereka. Air liur membantu mengendalikan bakteri di mulut dan menyapu bersih partikel makanan. Jumlah air liur yang lebih rendah dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan