Perbedaan Behel Gigi Dahulu dan Sekarang

Global Estetik – Perawatan ortodontik modern telah jauh meningkat dengan banyaknya penemuan menarik dalam hanya dalam satu generasi umurnya. Peranti orthodontik (atau kawat gigi) sekarang memiliki tampilan yang lebih menarik, dan bahkan bisa disembunyikan dari pandangan sepenuhnya. Kemajuan serupa juga telah meningkatkan kinerja peralatan ini, yang seringkali berarti tekanan fisik dan waktu perawatan yang lebih singkat. Konsumen pada akhirnya memiliki lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam memilih peralatan ortodontik yang mereka sukai – yang akan berdampak pada pengalaman perawatan yang lebih menyenangkan dan memuaskan.

Tingkat Estetika Bentuk yang Semakin Meningkat

Kawat gigi di masa lalu hampir selalu dikembangkan dengan bahan yang sama – baja tahan karat – dan dipasangkan pada permukaan depan gigi. Kini, Anda memiliki pilihan seperti kawat gigi keramik, yang menggunakan braket gigi yang terlihat lebih alami. Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan kawat gigi yang dipasang ke bagian belakang gigi, yang sekarang dikenal sebagai kawat gigi lingual.

Namun perlu diiingat bahwa material baru ini juga mungkin memiliki kekurangan tergantung pada bahan pembentuknya. Meskipun kawat gigi lingual tidak terlihat, namun label harga untuk behel jenis ini cenderung lebih mahal, behel jenis ini juga lebih lambat dalam “menuntun” gigi anda dan tidak cocok untuk semua pasien. Behel berbahan keramik juga bisa ternoda atau pecah. Konsultasikan ke dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan saran terbaik untuk kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

Performa yang Semakin Membaik dan Semakin Berkurangnya Rasa Sakit

Semakin banyak ahli ortodontik kini telah mengadopsi penggunaan titanium nikel atau tembaga untuk kabel lengkung yang memberi tekanan pada braket dan memindahkan gigi melalui panas tubuh alami. Paduan logam ini peka terhadap suhu dan mengencang saat terkena suhu mulut. Tekanan pada gigi yang kini menggunakan kabel lengkung yang terbuat dari logam menjadi lebih moderat, yang berarti lebih sedikit rasa sakit pada awal pengobatan dan selama penyesuaian. Selanjutnya, logam ini juga lebih tahan lama, yang berarti menjadikan pasien untuk lebih sedikit melakukan perjalanan ke klinik dokter gigi.

Semakin Banyak Pilihan untuk Berbagai Macam Kebutuhan

Kemajuan besar lainnya adalah pengembangan peralatan removable atau aligners. Bahan transparan mereka membuat peralatan yang jelas ini kurang terlihat dan bisa dilepas sepenuhnya saat pasien hendak makan dan saat aligner membutuhkan untuk dibersihkan. Meskipun aligner lebih mahal dan kurang efektif dalam kondisi yang lebih spesifik, ini mungkin merupakan pilihan tepat bagi orang dewasa dengan masalah minor pada gigi mereka.

Peralatan ortodontik saat ini memiliki banyak variasi. Konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk memperbaiki bentuk gigi mereka daripada sebelumnya, dan setiap prosedur ortodontik telah menyediakan peralatan yang lebih atraktif, efektif dan tahan lama.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan