Penyebab Mimisan dan Cara Pencegahannya

Global Estetik – Mimisan atau epistaksin merupakan gejala keluarnya darah melalui bagian hidung yang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Umumnya mimisan akan terjadi selama beberapa menit atau beberapa detik saja. Pecahnya pembuluh darah pada bagian dalam hidung merupakan penyebab terjadinya mimisan. Bukan hanya itu saja, ada beberapa hal lain yang dapat menjadi penyebab hidung mengalami mimisan, di antaranya membuang ingus terlalu keras, perubahan tekanan udara, terlalu dalam mengorek hidung, penggunaan jenis obat-obatan, alergi, penggunaan NAPZA, iritasi akibat senyawa kimia, hingga adanya suatu kelainan pada sistem pembekuan darah.

Ketika Anda mengalami mimisan, sebaiknya jangan panik dan tetap tenang. Langkah yang dapat Anda ambil ketika hidung mimisan yaitu duduk tegak atau agak tidur sedikit, pencet hidung Anda dengan kedua jari untuk menghentikan pendarahan pada hidung, tutup bagian hidung dengan tissue dan bersihkan sisa darah yang masih keluar dari hidung. Setelah itu kompres hidung dengan menggunanan es batu agar darah menjadi beku dan berhenti keluar.

Setelah mimisan berhenti, usahakan agar Anda tidak membungkuk atau melakukan aktivitas berat dan tidak membuang ingus dalam waktu 24 jam. Hal ini bertujuan agar mimisan tidak terjadi lagi dan mencegah hidung iritasi. Namun jika mimisan tidak berhenti dalam waktu 20 menit, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya mimisan ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan, cara-cara tersebut di antaranya sebagai berikut.

• Jangan membuang ingus terlalu kencang.

• Berhati-hati saat mengorek hidung.

• Berhenti merokok sebab rokok dapat menyebabkan risiko iritasi hidung meningkat dan mengurangi kelembapan hidung.

• Jika menggunakan obat pelega hidung, sebaiknya gunakan dengan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan atau dengan anjuran dokter.

• Jika Anda pernah mengalami mimisan dan harus menggunakan obat antikoagulan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

• Menggunakan masker saar bekerja di tempat yang banyak mengandung polutan dan allergen.

• Selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan kaya nutrisi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan