Penyebab Anemia dan Cara Mengatasinya

Globalestetik.com – Anemia atau yang sering disebut kurang darah merah merupakan kondisi yang ditandai dengan jumlah hemoglobin yang ada di dalam sel darah tidak sesuai dengan kadar seharusnya. Normalnya, kadar hemoglobin pada pria adalah 13.5 dan kadar hemoglobin normal pada wanita 12.0. Sedangkan kadar hematokrit pada pria adalah 41 dan wanita 36. Di negara berkembang, anemia memang menjadi penyakit yang paling banyak mengganggu kesehatan ibu dan anak.

Seseorang yang menderita anemia biasanya mengalami beberapa gejala seperti sering mengalami kelelahan, selaput merah pada mata terlihat pucat, sering mengalami pusing, telinga sering berdenging, mulut terasa kering, tubuh mudah sakit, rambut sering rontok, dan elastisitas pada kulit menurun. Sedangkan pada perempuan biasanya juga ditandai dengan gangguan menstruasi. Selain itu, anemia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurang zat besi, kegagalan sumsum tulang belakang yang menyebabkan kehilangan produktivitas sel darah merah, dan kurang asupan nutrisi pembentuk sel darah merah. Meskipun penyakit anemia tidak seperti penyakit berat, namun anemia yang dibiarkan berlama-lama akan menimbulkan berbagai penyakit baru lainnya. Oleh karena itu, anemia harus segara diatasi agar tidak semakin parah. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia.

  • Mengonsumsi Daging dan Seafood

Penyebab anemia adalah kurangnya sel darah merah. Untuk meningkatkan produksi sel darah merah, bagi Anda yang menderita anemia dapat mengonsumsi daging dan seafood serta makanan yang mengandung asam folat. Daging dan seafood memiliki kandungan B12, dan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi penderita anemia untuk mengonsumsi daging dan seafood atau makanan yang mengandung asam folat. Namun harus diingat bahwa makanan tersebut harus dikonsumsi secara teratur dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  • Mengonsumsi Buah-buahan

Buah memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat mengatasi penyakit anemia. Berbagai buah yang dapat mengatasi penyakit anemia di antaranya buah anggur, buah semangka, dan buah apel. Ketiga jenis buah tersebut dapat membantu meningkatkan produksi dari sel darah merah sehingga dapat mengatasi penyakit kekurangan darah tersebut.

  • Mengonsumsi Kacang-kacangan

Seperti halnya seafood, daging, dan buah, kacang-kacangan juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat mengatasi penyakit anemia.

  • Mengonsumsi Sayuran Hijau

Konsumsi jenis sayuran hijau seperti kangkung, kol, kubis, dan bayam diyakini dapat membantu dalam mengatasi anemia. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau dapat membantu meningkatkan zat besi yang ada di dalam tubuh.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan