Penggunaan Laser dalam Kedokteran Gigi – Tipe-Tipe Prosedur

Global Estetik – Beberapa teknologi laser gigi telah dikembangkan yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi laser jaringan keras dan lunak, tergantung pada kebutuhan pasien. Selain laser yang digunakan untuk memotong dan membentuk jaringan keras dan lunak, jenis laser lainnya dirancang khusus untuk melihat bagian dalam gigi dan sel yang menggunakan Optical Coherence Tomography, teknik pencitraan non-invasif. Laser lainnya menyediakan energi dan protein spesifik yang membantu memindahkan pesan antar sel agar sesuai dengan kemampuan alami tubuh untuk menggunakan spektrum cahaya untuk menyembuhkan sel yang rusak.

Prosedur Hard Tissue (Gigi)

  1. Cavity Detector: Laser dental jaringan keras dengan intensitas rendah dapat digunakan untuk deteksi dini rongga dengan menyediakan pembacaan hasil sampingan yang dihasilkan oleh kerusakan gigi.
  2. Dental Fillings / Tooth Preparation: Laser gigi jaringan keras dapat menghilangkan kebutuhan akan injeksi anestesi lokal dan bor gigi turbin tradisional. Laser yang digunakan dalam prosedur pengisian gigi mampu membunuh bakteri yang berada di rongga, yang berpotensi menyebabkan perbaikan restorasi gigi jangka panjang. Namun, laser gigi tidak sesuai untuk penggantian tambalan amalgam, onlay atau mahkota.
  3. Sensitivitas Gigi: Laser gigi dapat digunakan untuk menyegel tubulus (terletak di akar gigi) yang bertanggung jawab untuk sensitivitas gigi pada panas dan dingin.

Prosedur Soft Tissue (Gusi)

  1. Crown Lengthening: Laser gigi dapat membentuk kembali jaringan gusi (laser jaringan lunak) dan tulang (laser jaringan keras) untuk mengekspos struktur gigi yang lebih sehat. Yang dimaksud dengan pemanjangan mahkota adalah pembentukan kembali semacam memberikan fondasi yang lebih kuat untuk penempatan restorasi.
  2. Gummy Smile: Laser gigi dapat membentuk kembali jaringan gusi untuk mengekspos struktur gigi sehat dan memperbaiki penampilan senyuman anda.
  3. Muscle Attachment (frenula): frenektomi laser adalah pilihan pengobatan yang ideal untuk anak-anak yang terikat lidah (frenulum terbatas atau ketat) dan bayi tidak mampu menerima asupan ASI secara memadai karena pergerakan lidah yang terbatas. Frenektomi laser juga dapat membantu menghilangkan hambatan bicara.
  4. Soft Tissue Folds (Epulis): Laser gigi dapat digunakan untuk menghilangkan lipatan jaringan lunak tanpa rasa sakit dan bebas jahitan yang sering disebabkan oleh gigi palsu yang tidak pas.

Laser gigi  bisa menjadi cara yang tepat dan efektif untuk melakukan banyak prosedur dental. Potensi untuk memperbaiki prosedur gigi terletak pada kemampuan dokter gigi untuk mengendalikan keluaran daya dan durasi pemaparan pada jaringan (apakah struktur gusi atau gigi), yang memungkinkan penanganan area fokus yang sangat spesifik tanpa merusak jaringan di sekitarnya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan