Penggunaan Laser dalam Kedokteran Gigi – Definisi dan Benefit

Global Estetik – Jika anda menganggap diri anda sebagai pasien dengan masalah gigi yang cemas dan mencari keselamatan dan kenyamanan yang ekstrem, anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mencari dokter gigi yang telah memasukkan teknik laser ke dalam praktik dan perawatan mereka. Diperkirakan bahwa 6 persen dokter gigi umum memiliki laser untuk aplikasi jaringan lunak, dengan jumlah tersebut diperkirakan meningkat dari waktu ke waktu.

Dengan aplikasi untuk laser gigi berkembang, makin banyak jumlah dokter gigi yang menggunakan teknologi ini untuk memberi pasien perawatan presisi yang dapat meminimalkan rasa sakit dan waktu pemulihan.

Kelebihan

  • Prosedur yang dilakukan dengan menggunakan laser gigi jaringan lunak mungkin tidak memerlukan jahitan (jahitan).
  • Prosedur tertentu tidak memerlukan anestesi.
  • Meminimalkan pendarahan karena sinar lampu berenergi tinggi membantu pembekuan (koagulasi) pembuluh darah yang terpapar, sehingga menghambat kehilangan darah.
  • Infeksi bakteri diminimalkan karena balok energi tinggi mensterilkan area yang sedang dikerjakan.
  • Kerusakan jaringan di sekitarnya diminimalkan.
  • Luka sembuh lebih cepat dan jaringan bisa segera diregenerasi.

Jenis Laser Gigi

Asosiasi Dokter Gigi  telah menyetujui berbagai laser jaringan keras dan lunak untuk digunakan dalam perawatan gigi orang dewasa dan anak-anak. Karena laser gigi memiliki karakteristik penyerapan yang unik, mereka biasanya dipakai hanya untuk prosedur gigi tertentu.

Hard Tissue Laser: Laser jaringan keras memiliki panjang gelombang yang sangat mudah diserap oleh hidroksiapatit (garam kalsium fosfat yang ditemukan di tulang dan gigi) dan air, membuatnya lebih efektif untuk memotong struktur gigi. Laser jaringan keras termasuk Erbium YAG dan kromium Erbium YSGG.

Penggunaan utama laser jaringan keras adalah memotong tulang dan gigi dengan presisi tinggi. Laser jaringan keras sering digunakan dalam “prepping” atau “pembentukan” gigi untuk ikatan komposit, pengangkatan sejumlah kecil struktur gigi dan perbaikan tambalan gigi tertentu yang telah aus.

Soft Tissue Laser: Laser jaringan lunak memiliki panjang gelombang yang sangat mudah diserap oleh air dan hemoglobin (protein oksigen dalam sel darah merah), membuatnya lebih efektif untuk pengelolaan jaringan lunak. Laser jaringan lunak yang umum digunakan meliputi laser Neodymium YAG (Nd: YAG) dan dioda, yang dapat digunakan sebagai komponen perawatan periodontal dan memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan mengaktifkan pertumbuhan kembali jaringan. Laser karbon dioksida meminimalkan kerusakan pada jaringan di sekitarnya dan menghilangkan jaringan lebih cepat daripada metode serat optik.

Laser jaringan lunak menembus jaringan lunak saat menyegel pembuluh darah dan ujung saraf. Inilah alasan utama mengapa banyak orang mengalami hampir tanpa nyeri pascaoperasi setelah menggunakan laser. Selain itu, laser jaringan lunak memungkinkan jaringan untuk sembuh lebih cepat. Karena alasan inilah semakin banyak praktik kedokteran gigi menggabungkan penggunaan laser jaringan lunak untuk prosedur pengguntingan gingiva.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan