Pengaruh Gender Pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Bagian Pertama

Global Estetik – Ada perbedaan mencolok antara pasien pria dan wanita. Tapi yang mungkin tidak anda sadari adalah perbedaan ini berlanjut ke dunia kedokteran gigi dan kesehatan mulut juga. Misalnya, tahukah anda bahwa wanita lebih cenderung rutin mengunjungi dokter gigi mereka secara teratur, sementara pria lebih mudah untuk mengunjungi hanya jika ada sesuatu yang perlu mendapat perhatian?

Baca terus untuk menemukan fakta menarik tentang kebiasaan kesehatan mulut pria dan wanita yang membawa perbedaan antara kedua gender.

Wanita lebih Rajin Menyikat Gigi Dibanding Pria

Rata-rata, wanita 8% lebih cenderung menyikat gigi dua kali sehari dibanding pria. Studi telah menunjukkan bahwa pria melewatkan menyikat gigi di sana-sini sementara wanita terbukti lebih waspada terhadap kebiasaan menyikat gigi mereka. Wanita juga hampir 10% lebih mungkin dibandingkan pria untuk segera menyikat gigi setelah makan.

Pria Menempatkan Dirinya pada Risiko Lebih Besar daripada Wanita

Ketika membahas urusan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anda, ada beberapa hal yang sebaiknya anda tinggalkan. Mengunyah produk tembakau, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan terpaparnya diri anda pada karsinogen lainnya adalah kegiatan yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kanker mulut. Studi telah menunjukkan bahwa pria lebih mungkin terkena resiko dibandingkan wanita untuk mengkonsumsi jenis produk karsinogenik ini dan melakukannya dengan tingkat yang lebih tinggi daripada wanita, yang berarti mereka berisiko terkena kanker mulut, penyakit gusi, dan masalah kesehatan lainnya.

Wanita Lebih Sering Mengunjungi Dokter Gigi

Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengunjungi dokter gigi mereka dan, sementara mereka berada di sana, membuat janji pertemuan selanjutnya atau tindak lanjut yang ingin mereka jaga. Sudah terbukti bahwa pria sering mengunjungi profesional gigi mereka hanya bila benar-benar diperlukan dan karena itu menerima lebih sedikit pemeriksaan dan pembersihan gigi daripada wanita.

Pria Mengalami lebih Banyak Masalah pada Gigi

Karena wanita umumnya lebih proaktif dalam menjaga kesehatan mulut mereka dan menemui dokter gigi mereka secara teratur, mereka rata-rata mengalami lebih sedikit masalah gigi seperti penyakit gusi, penumpukan karang gigi, dan gusi berdarah bila dibandingkan dengan pria. Seringkali, penyakit mulut hanya menunjukkan sedikit tanda peringatan yang dapat diidentifikasi oleh seseorang yang bukan ahli gigi. Karena pria tidak selalu mengunjungi dokter gigi mereka secara teratur untuk pemeriksaan, masalah seperti penyakit gusi, kanker mulut, pembusukan, dan masalah kesehatan mulut lainnya kadang kala tidak diketahui sampai penyakitnya berada pada stadium lanjut. Untuk alasan ini, pria telah terbukti lebih mungkin daripada wanita untuk mengembangkan masalah ini. Inilah sebabnya mengapa waspada dalam mengikuti pemeriksaan rutin gigi sangat penting dalam memastikan kesehatan gigi dan mulut anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan