[Part 2] Beberapa Alasan Mengapa Kamu Bisa Menjadi Korban Gigi Berlubang

Global Estetik – Lubang yang muncul dalam mulut kita dapat menyebabkan banyaaaaaak masalah yang jika tidak ditangani segera akan menjadi dasar dan fondasi untuk beberapa masalah kesehatan mulut dengan tingkat keparahan yang tinggi. Lubang pada gigi biasanya muncul akibat penumpukan kotoran di gigi yang berupa sisa partikel makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Namun terkadang kamu telah menyelesaikan rutin kebersihan mulut dan masih menemukan lubang di antara gigi. Berikut beberapa alasan lain yang dapat menjadi sumber timbulnya lubang di gigi kamu.

Mulut Kering

Kalau kamu sering mengalami rasa kering di mulut secara teratur, ini bisa mempengaruhi kesehatan mulut kamu secara keseluruhan. Air liur sangat penting untuk melawan gigi berlubang karena ia menyapu partikel makanan, gula, dan bakteri yang merusak di mulut secara alami. Mungkin ada berbagai alasan mengapa mulut kering terjadi, termasuk efek samping pengobatan, perawatan kemoterapi, dan penyakit. Untuk mengatasi mulut kering dan lindungi gigi dari rongga, bilas setiap hari mulut kamu dengan pembersih mulut enamel untuk melindungi gigi, dan cobalah minum banyak air sepanjang hari untuk mengatasi kekurangan kelembaban alami di mulut kamu. Konsultasikan dengan profesional kesehatan pilihan kamu untuk perawatan tambahan dalam mengatasi gejala mulut kering.

Resesi Pada Gusi

Jika gusi surut cukup jauh, akar gigi bisa terpapar melewati lapisan enamel gigi yang alami. Ini berarti bahwa dasar gigi rentan dan bakteri apa pun yang secara alami akan terbentuk dapat menyebabkan pembusukan lebih mudah pada gigi yang telah terpapar, yang berakibat pada gigi berlubang. Menyikat ringan dengan sikat gigi ultra lembut dari gusi penting untuk menghindari terjadinya resesi lebih lanjut. Kombinasikan teknik ini dengan pasta gigi berfluorida, obat kumur yang meningkat lapisan enamel, dan ikuti nasihat dari dokter gigi pilihan kamu untuk memastikan bahwa resesi gusi bukan karena masalah kesehatan yang lebih besar.

Bentuk Gigi

Gigi yang memiliki alur dalam yang alami lebih rentan terhadap gigi berlubang karena cenderung menangkap partikel makanan, gula, dan bakteri yang merusak dengan mudah. Alur ini lebih sulit dibersihkan dengan benar secara teratur dan lebih dekat ke akar gigi sehingga setiap erosi yang terjadi lebih cenderung memiliki hasil yang lebih merusak karena kedekatannya dengan bagian gigi yang rentan. Peluruhan di alur ini jauh lebih mungkin menyebabkan gigi berlubang. Memastikan bahwa bentuk gigi yang bermasalah ini dibersihkan sepenuhnya dua kali setiap hari dan tidak ada partikel makanan yang tertinggal setelah makan adalah cara terbaik untuk memerangi dan mencegah gigi berlubang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang masalah ini, dan untuk pertanyaan lain yang mungkin kamu miliki tentang gigi berlubang dan kesehatan mulut kamu secara umum, berkonsultasilah dengan dokter gigi professional dan terpercaya pilihanmu.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan