Panduan Ringkas Untuk Anda yang Penasaran Tentang Kawat Gigi

Global Estetik – Kawat gigi adalah pilihan ortodontik umum yang digunakan untuk meluruskan gigi untuk orang-orang yang memiliki gigi bengkok atau gigitan yang tidak sejajar. Kawat gigi menerapkan tekanan pada gigi secara terus menerus, yang pada akhirnya akan mengubahnya menjadi lebih sejajar.

Persiapan Untuk Pemasangan Kawat Gigi

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasang kawat gigi, ada baiknya anda berbicara dengan dokter gigi terlebih dulu, jadi dia bisa mengarahkan anda kepada prosedur yang tepat dan pilihan bracket yang cocok untuk anda. Bila anda telah mendiskusikannya bersama dokter gigi pilihan anda, dokter nantinya akan mengajukan pertanyaan tentang kesehatan anda dan melakukan pemeriksaan klinis. Dia kemungkinan akan menyuruh anda untuk melalu serangkaian pemeriksaan menggunakan sinar-X dari kepala dan mulut anda, bersama dengan foto dan kesan yang akan digunakan untuk membuat model plester gigi anda. Ketika dokter gigi pilhan anda telah memiliki semua informasi yang relevan, dokter gigi akan meresepkan rencana perawatan yang paling sesuai untuk situasi anda.

Prosedur Pemasangan Kawat Gigi [Simplify]

Biasanya, ahli ortodontik akan memulai dengan membersihkan dan mengeringkan gigi anda secara menyeluruh. Selanjutnya, dia akan mengoleskan zat perekat ke gigi anda agar bisa menempelkan bracket. Begitu mereka berada di tempat, dokter akan memasang kawat lengkung ke dalam bracket dan menggunakan bahan elastis untuk mengamankannya. Biasanya, keseluruhan proses memakan waktu antara 1 dan 2 jam. Meskipun prosedur itu sendiri tidak menyakitkan, namun tidak jarang paseien merasakan tingkat ketidaknyamanan sesudahnya. Awalnya, lidah dan pipi anda akan bergesekan dengan kawat gigi, yang bisa menyebabkan mulut dan gigi sensitif, dan gigi anda mungkin akan terasa sakit. Proses membiasakan diri dengan kawat gigi biasanya akan memakan waktu sekitar satu minggu.

Merawat Kawat Gigi

Begitu kawat gigi telah dipasang pada gigi anda, penting bagi anda untuk merawatnya dengan benar agar mendapatkan hasil terbaik. Praktik kesehatan gigi yang umum, seperti penyikatan dan flossing sehari-hari, harus dijaga. Saat menyikat gigi, penting untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Pertimbangkan untuk menggunakan proxabrush – alat pembersih interdental kecil – untuk membantu anda membersihkan area yang sulit dijangkau di daerah sekitar kawat gigi dan kawat ortodontik anda. Karena menyikat akan lebih sulit dengan kawat gigi, anda perlu menghabiskan lebih dari dua menit sehari untuk membersihkan seluruh bracket dan menghapus plak di garis gusi secara menyeluruh.

Anda juga perlu memberi perhatian khusus pada makanan yang anda konsumsi. Makanan yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi anda. Selain itu, makanan seperti karamel, permen bergetah, popcorn dan kacang-kacangan, sangan dianjurkan untuk dihindari, karena dapat menempel pada kawat gigi. Terakhir, anda harus memastikan untuk mengunjungi klinik dokter gigi profesional untuk pemeriksaan selanjutnya dan janji temu reguler dengan dokter gigi anda untuk penyesuaian kawat gigi anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan