Paket Pengetahuan Mengenai Tumor Mulut – Epulis [Bagian Pertama]

Global Estetik – Jika anda tidak cukup familiar dengan Epulis, tumor mulut ini adalah sejenis kelainan yang ditandai dengan pertumbuhan nodul yang tampak aneh yang keluar dari garis gusi. Hal ini biasanya tumbuh di tengah gigi dan pasien biasanya akan melihatnya dengan warna kemerahan atau merah muda. Beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai gusi yang bengkak dan perpanjangan gusi, tapi sebenarnya bukan itu masalahnya. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang mungkin terjadi selama kehamilan dan beberapa alasan lainnya.

Jenis dan Tipe Tumor Mulut Epulis

Ada berbagai jenis Epulis: Fibromatous, Ossifying, Acanthamatous. Untuk mengetahui beberapa informasinya, lihat daftar di bawah ini:

  • Fibromatous – ini adalah jenis Epulis yang paling umum, Pertumbuhan tumor jenis ini dapat muncul dalam bentuk massa datar atau memiliki ‘batang’. Biasanya warnanya sama dengan tekstur seperti gusi tetapi permukaan epulis dapat mengalami ulserasi dan ditutupi oleh membran berserat kuning. Tipe Epulis ini mempengaruhi rentang usia yang luas namun kebanyakan pasien berusia antara 11 dan 40 tahun.
  • Ossifying – ditandai dengan massa yang lebih keras yang kadang disertai struktur seperti tulang.
  • Acanthamatous – ini juga disebut sebagai adamantinoma oral.

Anda mungkin juga melihat Epulis pada bayi yang baru lahir. Ini disebut epulis bawaan, dimana tumir akan terlihat di mulut bayi. Hal ini bisa sangat berbahaya dan kan menyulitkan bagi anak karena tumor ini bisa menjadi penghalang udara untuk bernafas dan tentu saja karena ada massa yang menonjol, bayi akan mengalami kesulitan untuk menyusu baik dari botolnya atau dari payudara ibunya.

Mungkin Anda bertanya-tanya tentang alasan mengapa massa ini tumbuh secara tidak normal di dalam mulut? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya tumbuh?

Penyebab Munculnya Epulis

Kebanyakan pakar perawatan gigi atau profesional perawatan mulut telah mempelajari penyebab sebenarnya dari kelainan abnormal ini hingga berakhir di mulut dan sayangnya, dengan berbagai tes dan penelitian yang telah mereka lakukan, mereka masih gagal untuk melihat alasan sebenarnya mengapa Epulis ini bisa terjadi. Jadi cara yang lebih baik untuk melakukannya adalah dengan mencegahnya terjadi.

Mencegah Munculnya Epulis

Bagi pasien yang telah terinfeksi, sebaiknya anda mengunjungi dokter gigi pilihan anda karena operasi juga akan menjadi pilihan terbaik jika tumornya cukup besar. Operasi juga dianjurkan untuk bayi yang baru lahir dengan epulis bawaan. Selain itu, walaupun kita tidak benar-benar mengetahui penyebab tumor sebenarnya, akan sangat membantu bagi anda untuk menjaga mulut bersih dan bebas bakteri dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan obat kumur untuk membilas partikel lain yang tidak dapat dilepaskan selama penyikatan. Menjaga kebersihan mulut yang baik mungkin tidak terbukti menyembuhkan Epulis tapi jelas salah satu cara untuk menghilangkan dan membunuh bakteri yang ada di dalamnya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan