Paket Lengkap Penjelasan Mengenai Glossitis [Bagian Pertama]

Global Estetik – Glossitis ? Gloss ? Apa itu ? mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu dan apa ini. Glossitis mengacu pada radang lidah. Kondisi tersebut menyebabkan lidah membengkak , berubah warna, dan mengembangkan tampilan halus di permukaan. Lidah adalah organ kecil berotot di mulut yang membantu anda mengunyah dan menelan makanan. Lidah juga membantu dalam proses berbicara dan pengeluaran suara dari mulut.

Glossitis dapat menyebabkan benjolan kecil di permukaan lidah yang disebut papila menjadi hilang. Papila  berperan dalam bagaimana anda makan. Mereka berisi ribuan sensor kecil yang disebut taste buds atau sensor rasa. Peradangan lidah yang parah yang mengakibatkan pembengkakan dan kemerahan bisa menyebabkan rasa sakit dan mengubah cara anda makan atau berbicara.

Jenis Glossitis

Ada beberapa jenis glossitis diantaranya:

Glossitis Akut
Glossitis akut adalah radang lidah yang muncul secara tiba-tiba, dan seringkali memiliki gejala yang parah. Jenis glossitis ini biasanya berkembang selama reaksi alergi.

Glossitis kronis
Glossitis kronis adalah radang lidah yang terus kambuh. Jenis ini bisa dimulai sebagai gejala kondisi kesehatan lainnya.

Glossitis Idiopatik
Glossitis idiopatik, juga dikenal sebagai glossitis Hunter, mempengaruhi otot-otot lidah. Dalam kondisi ini, sejumlah besar papila bisa hilang. Penyebab glossitis idiopatik tidak diketahui.

Glossitis Atrofi
Glossitis atrophic terjadi ketika sejumlah besar papila hilang, mengakibatkan perubahan pada warna dan tekstur lidah. Jenis glossitis ini biasanya mengubah lidah menjadi berwarna merah tua.

Penyebab Glossitis

Sejumlah faktor bisa menyebabkan radang lidah, diantaranya:

Reaksi alergi
Reaksi alergi terhadap obat-obatan, makanan, dan iritasi potensial lainnya dapat memperburuk papila dan jaringan otot lidah. Iritasi potensial termasuk pasta gigi dan beberapa jenis obat yang mengobati tekanan darah tinggi.

Penyakit
Penyakit tertentu yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda bisa menyerang otot dan papila lidah. Herpes simpleks, virus yang menyebabkan luka dingin dan lecet di sekitar mulut, dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri di lidah.

Tingkat Zat Besi Rendah
Jumlah zat besi dalam darah yang tidak memadai dapat memicu glossitis. Besi mengatur pertumbuhan sel dengan membantu tubuh anda membuat sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke organ, jaringan, dan otot. Tingkat zat besi dalam darah yang rendah dapat menyebabkan kadar mioglobin rendah. Myoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang penting untuk kesehatan otot, termasuk jaringan otot lidah.

Mulut kering
Mulut kering disebabkan oleh kurangnya air liur, yang mungkin karena gangguan kelenjar ludah atau dehidrasi secara keseluruhan. anda membutuhkan air liur untuk menjaga kelembapan lidah anda.

Trauma Mulut
Trauma yang disebabkan oleh luka pada mulut bisa mempengaruhi kondisi lidah anda. Peradangan dapat terjadi sebagai akibat dari luka bakar  di lidah atau peralatan gigi yang diletakkan di gigi anda, seperti kawat gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan