Paket Informasi Lengkap Mengenai Resesi Gusi – Symptoms dan Penyebab

Global Estetik – Jika anda memperhatikan bahwa gigi anda terlihat sedikit lebih panjang atau gusi anda tampak menarik gigi anda kembali, anda mengalami resesi gusi. Ini bisa memiliki beberapa penyebab. Penyebab paling serius adalah penyakit periodontal, juga dikenal sebagai penyakit gusi. Meskipun tidak ada obat untuk penyakit periodontal, anda bisa dan harus mengelolanya. Kesehatan mulut dan gigi anda bergantung padanya.

Dalam mulut yang sehat, gusi berwarna merah muda dan garis gusi konsisten di sekitar semua gigi. Jika resesi gusi berkembang, gusi sering terlihat meradang dan garis gusi terlihat lebih rendah di sekitar gigi daripada di sekitar gigi yang lain. Jika jaringan gusi terpapar, ini dapat meninggalkan lebih banyak bagian gigi yang terpapar.

Resesi Gusi bisa terjadi perlahan, jadi penting untuk memerhatikan gigi dan gusi anda setiap hari. Jika anda melihat gusi yang surut dan anda belum pernah ke dokter gigi dalam beberapa waktu, segeralah membuat janji.

Gejala Resesi Gusi

Selain jaringan gusi yang kurang di sekitar gigi, gusi yang surut sering berakibat pada:

  1. Bau mulut
  2. Gusi bengkak dan merah
  3. Rasa tidak enak di mulut
  4. Gigi longgar

Anda mungkin memperhatikan bahwa gigitan anda berbeda. Anda mungkin juga memperhatikan beberapa rasa sakit atau bahwa gusi anda sangat lembut. Salah satu masalah utama dengan gusi yang surut adalah bahwa mereka menjadi lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Inilah sebabnya mengapa pemeriksaan gigi rutin, dan perawatan mulut yang baik dan harian sangat penting.

Penyebab resesi gusi

Resesi Gusi memiliki banyak penyebab. Yang paling serius adalah penyakit periodontal. Penyebab lainnya meliputi:

  • Usia tua
  • Kebersihan mulut yang buruk
  • Kondisi medis, seperti diabetes

Apakah sikat gigi anda dapat menyebabkan gusi anda surut?

Menyikat gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan gusi anda surut. Berikut adalah beberapa tip untuk menyikat gigi Anda:

  • Gunakan sikat gigi yang lembut, bukan dengan bulu yang keras.
  • Jadilah lembut saat anda menyikat gigi. Biarkan bulu melakukan pekerjaan, bukan otot lengan anda.
  • Sikat setidaknya dua kali sehari, dan setidaknya dua menit setiap kalinya.

Penyebab lain dari Resesi Gusi

Penyebab tambahan dari resesi gusi adalah sebagai berikut:

  • Cedera olahraga atau trauma lainnya di mulut juga bisa menyebabkan gusi surut. Misalnya, kancing tindik bibir atau lidah tubuh bisa tergelincir melawan jaringan gusi yang menyebabkan resesi.
  • Merokok juga merusak gusi. Anda berisiko tinggi terkena resesi gusi jika Anda mengunyah tembakau atau mencelupkan kantong tembakau.
  • Anda mungkin mengalami resesi gusi jika gigi anda tidak sejajar dengan benar. Akar gigi yang menonjol, gigi yang tidak sejajar, atau otot attachment dapat memaksa jaringan gusi tidak pada tempatnya.
  • Gigi palsu parsial yang tidak pas juga bisa menyebabkan masalah gusi.
  • Jika anda menggiling gigi saat anda tidur, Anda mungkin juga memperhatikan resesi gusi. Menggiling dan mengepalkan bisa memberi kekuatan berlebihan pada gigi Anda. Hal ini bisa menyebabkan resesi gusi.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan