Paket Informasi Lengkap Mengenai Resesi Gusi – Diagnosis dan Treatment

Global Estetik – Resesi Gusi dapat mempengaruhi senyuman anda dan meningkatkan risiko penyakit gusi dan gigi longgar. Anda bisa memperlambat atau menghentikan perkembangan resesi gusi. Anda harus bertanggung jawab atas kesehatan mulut anda. Temui dokter gigi pilihan anda dua kali per tahun jika mungkin dan ikuti instruksi dokter gigi  tentang kebersihan mulut yang tepat.

Jika resesi gusi anda serius, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli periodontis. Ini adalah spesialis penyakit gusi. Seorang periodontis dapat memberi tahu anda tentang pilihan seperti pencangkokan gusi dan perawatan lainnya.

Diagnosa

Seorang dokter gigi gigi biasanya bisa melihat gusi yang hilang segera. Jika anda melihat secara dekat semua gigi Anda, anda mungkin juga memperhatikan gusi yang menarik diri dari akar pada satu gigi atau lebih.

Resesi gusi cenderung terjadi secara bertahap. Anda mungkin tidak memperhatikan perbedaan gusi dari hari ke hari ke hari berikutnya. Jika Anda mengunjungi dokter gigi dua kali per tahun, mereka akan bisa mengetahui apakah ada resesi selama waktu itu.

Pengobatan untuk Resesi Gusi

Resesi gusi tidak bisa dikembalikan, berarti jaringan gusi surut tidak akan tumbuh kembali. Anda dapat menjaga agar masalah tidak bertambah parah. Pengobatan biasanya tergantung pada penyebab masalah gusi. Jika menyikat gigi atau kebersihan gigi yang buruk adalah penyebabnya, bicarakan dengan ahli kebersihan gigi anda tentang perubahan perilaku menyikat gigi dan flossing. Menggunakan bilas harian yang melawa plak bisa membantu mendapatkan plak di antara gigi. Pilihan gigi atau jenis pembersih interdental lainnya juga dapat membantu menjaga area yang sulit dijangkau.

Resesi gusi ringan meningkatkan risiko bakteri terbentuk di saku di sekitar daerah yang terkena. Penyakit gusi bisa berkembang lebih cepat dimana penyakit gusi lainnya ada. Resesi gusi ringan tidak selalu membuat mulut anda berisiko tinggi.

Anda mungkin perlu melakukan perawatan pembersihan dalam jumlah sedikit yang disebut “scaling dan perencanaan akar gigi” untuk mengobati resesi gusi. Selama penskalaan dan perencanaan akar, dokter gigi pilihan anda akan membersihkan tartar dan plak dari permukaan gigi dan akar gigi anda.

Jaringan gusi kembali tidak akan tumbuh kembali. Anda bisa, bagaimanapun, menjaga agar masalah tidak bertambah parah. Jika resesi gusi serius, prosedur yang disebut grafting gusi dapat mengembalikan jaringan gusi yang hilang. Prosedur ini melibatkan pengambilan jaringan gusi dari tempat lain di mulut dan mencangkok atau menempelkannya ke area yang kehilangan jaringan gusi di sekitar gigi. Begitu area itu sembuh, ia bisa melindungi akar gigi yang terpapar dan mengembalikan tampilan yang lebih natural.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan