Operasi Pencabutan Gigi Geraham Bungsu [Bagian Ketiga]

Global Estetik – Bagian Pertama menjelaskan alasan mengenai dibutuhkannya operasi ekstraksi gigi geraham bungsu, bagian kedua membahas mengenai persiapan sebelum menjalani operasi, kini di bagian ketiga anda akan mengetahui apa yang terjadi selama proses pengangkatan gigi geraham bungsu yang mengganggu anda.

 

Selama Operasi

Selama operasi dimana anda telah menerima anestesi, dokter akan mulai melakukan operasi dan pemotongan di beberapa tempat untuk mengangkat gigi geraham bungsu yang bermasalah. Secara berurutan prosesnya akan berlangsung:

  • Membuat sayatan pada gusi, menciptakan flaps untuk mengekspos gigi dan tulang
  • Memindahkan dan mengangkat tulang yang menghalangi akses ke gigi
  • Membagi gigi menjadi beberapa bagian agar mempermudah pengangkatannya bagian per bagian
  • Mengangkat gigi geraham yang telah menjadi beberapa bagian
  • Membersihkanlokasi dari gigi yang dibuang dari puing-puing gigi atau tulang
  • Menjahitan bukaan untuk ditutup guna meningkatkan penyembuhan, meskipun hal ini tidak selalu diperlukan
  • Menempatkan kain kasa di atas lokasi ekstraksi untuk mengendalikan pendarahan dan untuk membantu mempercepat pembekuan darah

Setelah Operasi

Jika Anda menerima anestesi sedasi atau anestesi umum, anda dibawa ke ruang pemulihan setelah prosedur berlangsung. Namun jika anda mendapatkan anestesi lokal, waktu pemulihan singkat anda mungkin terjadi di kursi khusus di klinik dokter gigi.

Apabila anda memilih klinik dokter gigi yang terpercaya dan terbukti memiliki kualitas yang baik, anda akan diberi daftar hal-hal yang diharapkan dan diperhatikan selama pemulihan, Anda mungkin terkejut pada awalnya dengan adanya pembengkakan yang terjadi. Penting untuk diingat bahwa mengangkat gigi geraham bungsu adalah proses operasi, seringkali mengharuskan pasien untuk diberi anestesi umum atau anestesi lokal. Bengkak dan nyeri di wajah dan leher biasa terjadi, seperti memar. Ice pack dan painkiller yang diresepkan oleh dokter bedah mulut atau bedah maksilofasial akan membantu, namun jika anda memiliki pertanyaan atau khawatir dengan apa yang anda alami, segera hubungi dokter gigi pilihan anda.

Saat anda dalam proses penyembuhkan dari operasi ekstraksi gigi geraham bungsu anda, pemulihan adalah prioritas nomor satu. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dokter gigi pilihan anda, kunjungi klinik dokter gigi untuk pertemuan tindak lanjut dan secara rutin membilas area operasi dengan lembut setelah setiap makanan, seperti yang diperintahkan oleh dokter gigi, untuk menghindari infeksi.

Anda mungkin tidak memerlukan pertemuan tindak lanjut setelah ekstraksi gigi geraham bungsu jika:

  • tidak perlu melepas jahitan pada area operasi
  • Tidak ada komplikasi yang muncul selama prosedur berlangsung
  • Anda tidak mengalami masalah persisten, seperti rasa sakit, bengkak, mati rasa atau pendarahan – komplikasi yang mungkin menandakan adanya infeksi, kerusakan saraf atau masalah lainnya.

Jika nantinya timbul komplikasi, dokter gigi atau ahli bedah mulut pilihan anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan yang tepat bagi masalah yang anda hadapi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan