Operasi Frenektomi [Bagian Kedua]

Global Estetik – Frenum tidak memilikifungsi penting dan menghilangkannya tidak akan menyebabkan sesuatu hal yang berimpact besar bagi anda. Frenektomi dilakukan saat frenum terlalu ketat, di tempat yang salah atau menyebabkan masalah. Dalam kebanyakan kasus, ahli bedah mulut dan maksilofasial yang akan melakukan operasi.

Pasien dianjurkan untuk melakukan frenektomi saat frenum jelas menyebabkan rasa sakit atau menghambat fungsi normal. Frenektomi lingual harus dipertimbangkan jika seorang anak mengalami masalah dalam makan, menelan, atau berbicara. Frenektomi labirin maksila harus dipertimbangkan selama “masa gigi bayi” hanya jika hal itu menyebabkan anak sakit. Jika frenum labial maksilaris menyebabkan celah antara dua gigi bagian atas, maka frenektomi harus dipertimbangkan hanya setelah menutup celah dengan kawat gigi. Jika frenektomi labial maksila dilakukan sebelum dua gigi depan atas dipindahkan bersama-sama, maka jaringan berikutnya dapat membuat tidak mungkin untuk mengerakkan gigi depan, membuat anak tersebut memiliki celah permanen di antara kedua gigi depan mereka.

 

Cara Kerja Frenektomi

Frenektomi bisa dilakukan dengan pisau bedah atau laser. Pilihan yang terakhir menyebabkan kurangnya perdarahan, mengurangi kebutuhan akan jahitan, dan meminimalkan ketidaknyamanan pasca operasi (dan memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat), namun penggunaan laser mengharuskan pasien untuk tetap steady dan tidak bergerak selama proses berlangsung. Pasien muda mungkin memerlukan anestesi umum. Pada pasien yang lebih dewasa anestesi lokal sudah cukup memadai untuk menghandle keadaan. Prosedur ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit dan jahitan akan dilakukan apabila menggunakan pisau bedah. Biayanya biasanya relatif rendah dibanding operasi gigi lainnya.

Pasca Operasi Frenektomi

Setelah operasi, penting untuk menjaga area tetap bersih dengan larutan kumur air garam yang lembut untuk pemulihan terbaik. Jika memungkinkan, pasien harus melakukan penyikatan gigi dengan sikat yang cukup lembut, untuk menghilangkan plak pada gigi tanpa mengganggu gusi. Jahitan bisa larut sendiri pada waktunya atau mungkin perlu dikeluarkan oleh dokter gigi. Butuh waktu satu sampai tiga minggu untuk mencapai penyembuhan yang sempurna. Rasa sakit dapat dikontrol dengan obat penghilang rasa sakit over-the-counter seperti ibuprofen atau NSAID lainnya (obat antiinflamasi non steroid), dan biasanya tidak berlangsung lebih dari satu atau dua hari.

 

Komplikasi

Selalu akan ada kehilangan darah saat operasi dilakukan, namun frenektomi adalah prosedur minor dan tidak akan menimbulkan risiko komplikasi yang serius pada pasien yang sehat. Frenektomi yang melibatkan bagian bawah lidah dapat menyebabkan perdarahan yang cukup banyak karena ada banyak pembuluh darah di daerah tersebut, tapi ini biasanya bukan masalah yang besar. Penggunaan laser akan mengurangi perdarahan secara signifikan namun tidak selalu menjadi pilihan. Ada sedikit risiko kerusakan pada saraf wajah yang memberi sensasi pada dagu dan bibir, dan berakibat pada mati rasa. Frenektomi pada umumnya berhasil mencapai hasil yang diinginkan walaupun kadang-kadang prosedur ini mungkin harus dilakukan lagi, namun kasus ini sangat jarang terjadi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan