One Stop Paket Informasi – Sakit Pada Gigi

Global Estetik – Pada suatu waktu, kebanyakan orang telah mengalami setidaknya beberapa bentuk sakit gigi. Meskipun jenis rasa sakit ini biasanya terletak di sekitar gigi, rasa sakit kadang bisa memancar keluar untuk mencakup leher dan rahang. Seringkali, nyeri terasa tajam dan menyiksa, namun beberapa pasien mungkin mengalami sakit gigi yang berkepanjangan dan ringan. Pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan oleh dokter gigi anda dapat membantu menentukan sifat dan penyebab munculnya rasa sakit pada gigi anda. Namun, melalui pemeriksaan rutin, dokter gigi biasanya dapat mengidentifikasi dan mengobati setiap potensi penyebab sakit gigi sebelum anda mengalami gejala apa pun.

Penyebab Munculnya Rasa Sakit pada Gigi

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit gigi, dan dalam banyak kasus, rasa sakit diperparah oleh panas atau dingin atau dengan mengunyah. Dalam kebanyakan kasus, sakit gigi adalah hasil dari paparan akar gigi dan saraf yang mendasarinya karena resesi gusi atau kerusakan pada gigi itu sendiri. Penyebab paling signifikan dari sakit gigi meliputi:

  1. Rongga pada Gigi
  2. Penyakit Gusi
  3. Sensitivitas Akar Gigi
  4. Gigi yang Retak
  5. Geraham yang terkena dampak atau meletus
  6. Gangguan temporomandibular joint (TMJ) adalah penyebab gigi lain dari munculnya rasa sakit pada gigi. Gangguan TMJ adalah peradangan pada sendi yang menghubungkan rahang bawah ke tengkorak. Dengan gangguan ini, rasa sakit bisa terwujud di gigi, rahang, atau telinga. Spasme pada otot di sekitar sendi temporomandibular juga bisa membatasi pembukaan mulut dan menyebabkan sakit kepala dan leher.

Sayangnya, beberapa jenis sakit gigi dan rahang mungkin disebabkan oleh faktor non-dental dan dapat menjadi gejala masalah kesehatan yang lebih serius. Infeksi telinga atau sinus dapat diindikasikan dengan sakit gigi atau rahang, sementara rasa sakit serupa mungkin menandakan serangan jantung yang akan datang atau onset of angina. Dalam kasus yang jarang terjadi, neuralgia dan kelainan saraf lainnya dapat bermanifestasi dalam rasa sakit kronis seperti sakit gigi. Jika dokter gigi anda menyingkirkan potensi penyebab sakit gigi pada gigi, maka anda butuh untuk mencari evaluasi dari dokter spesialis untuk mengetahui apakah rasa sakit tersebut sebenarnya bersifat non-dental.

Solusi Untuk Rasa Sakit di Gigi

Dokter gigi pilihan anda dapat mendiagnosis dan mengobati sebagian besar penyebab dental dari sakit gigi. Dalam banyak kasus, penempatan filling gigi atau mahkota dapat mengurangi rasa sakit yang berasal dari gigi yang patah atau rusak. Perawatan ini melibatkan pemindahan semua gigi yang telah rusak; Begitu daerah gigi yang rusak telah dibersihkan dengan cukup, dokter gigi akan “mengisi” lubang dengan bahan komposit atau campuran, atau menempatkan mahkota gigi di atas gigi.

Masalah gigi yang lebih serius mungkin memerlukan operasi mulut dan bahkan pencabutan gigi. Untuk menghindari perawatan seperti itu, penyikatan dan flossing rutin dikombinasikan dengan pemeriksaan gigi reguler dapat mencegah sebagian besar masalah gigi dan memastikan kesehatan gigi yang langgeng.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan