Mineral dan Nutrisi yang Dibutuhkan Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Asupan nutrisi kedalam tubuh merupakan hal fundamental untuk tetap bisa bertahan dalam penuhnya aktifitas sehari-hari, mulut yang menjadi pintu gerbang masuknya makanan juga membutuhkan asupan energi yang seimbang guna mempertahankan equilibrium dalam proses konsumsi makanan dan minuman. Mulut sebagai gerbang utama masuknya makanan menjadi sosok penting dalam tahapan proses pencernaan makanan. Penjaga gerbang yang baik akan membentuk barikade yang sempurna untuk menghadapi benda-benda yang tidak diinginkan atau suilit dicerna tubuh.

Perlunya memasukkan mineral dan nutrisi yang seimbang kedalam makanan adalah usaha utama agar jaringan tubuh dapat mencegah dan bertahan dari infeksi. Konsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit nutrisi dapat memiliki efek berbahaya, terutama pada mulut dan gigi, dan dapat menyebabkan penyakit mulut dan infeksi. Ada banyak pilihan mineral dan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi dan juga memberikan energi bagi seluruh jaringan di dalam tubuh terutama gigi dan mulut. Berikut adalah beberapa mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat:

  • Kalsium

gigi dan rahang sebagian besarnya terdiri dari kalsium. Tanpa asupan kalsium yang cukup di dalam makanan dapat mengakibatkan resiko terkena penyakit gusi dan kerusakan gigi. Kalsium  dapat ditemukan pada banyak makanan dan minuman seperti susu, yogurt, keju, kacang-kacangan, dan tiram.

  • Zat Besi

 Kekurangan zat besi dapat menigkatkan kemungkinan lidah menjadi meradang, dan luka dapat dengan gampang terbentuk di dalam mulut. Zat besi banyak ditemukan pada makanan, termasuk hati dan daging merah. Makanan kaya zat besi lainnya termasuk sereal,  kacang-kacangan, dan rempah-rempah

  • Vitamin B3

 Kurangnya vitamin B3 dapt menyebabkan bau mulut dan sariawan. Untuk meningkatkan kadar Vitamin B3 dalam tubuh konsumsi daging ayam dan ikan.

  • Vitamin B12 dan B2

Kekurang mengkonsumsi Vitamin B12 dan B2 juga dapat mengakibatkan sariawan. Daging merah, daging ayam, hati,  ikan, serta produk olahan susu seperti susu, yogurt, dan keju, adalah sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B2 ditemukan pada makanan seperti pasta, bagel, bayam, dan kacang almond.

  • Vitamin C

Terlalu sedikit asupan vitamin C akan menyebabkan gusi berdarah dan permasalahan pada gigi. Ubi jalar, paprika merah, dan jeruk adalah sumber vitamin C.

  • Vitamin D

Sangat penting bagi tubuh kita untuk mengkonsumsi vitamin D yang cukup karena vitamin D membantu tubuh dalam proses penyerapan kalsium. Diet yang kurang atau rendah vitamin D akan menyebabkan dapat timbulnya sindrom-sindrom pada mulut seperti perasaan terbakar dan banyak yang lainnya. Gejala kondisi ini meliputi sensasi mulut terbakar, rasa logam atau pahit di mulut, dan mulut kering. Minum susu, dan makan kuning telur dan ikan untuk meningkatkan asupan vitamin D bagi tubuh.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan