Menyikat Gigi Anak Anda [Bagian Terakhir]

Global Estetik – Pada Bagian Pertama telah kita coba jelaskan bagaimana cara mulai membersihkan gigi si buah hati dari fase ketika mulut si bayi tidak memiliki gigi hingga pertemuan pertamanya dengan dokter gigi pilihan anda ketika berumur satu tahun. Berikut kita akan sajikan lanjutan penjelasan tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut anak anda seiring tumbuh besarnya ia.

Ketika Sang Buah Hati Berumur Tiga Tahun

Pada usia tiga tahun, anak-anak dapat berpindah dari menggunakan pasta gigi berfluoride berukuran sebutir  nasi ke penggunaan pasta gigi sebesar kacang polong pada sikat gigi mereka. Mereka mungkin masih membutuhkan anda untuk menyikat mereka tapi akan lebih terbiasa dengan prosesnya dan akan bersiap untuk mengambil alih proses menjaga kesehatan mulut bagi diri mereka sendiri.

Ketika Anak Sudah Mampu Memegang Sikat Giginya Sendiri

Bila anak anda telah mampu memegang sikat gigi mereka sendiri, dapat menggerakkan sikat gigi dengan ketangkasan di dalam mulut mereka sendiri, dan tidak memerlukan bantuan saat meludah ke wastafel, mereka kini telah siap untuk mulai menyikat gigi sendiri. Anda tetap masih perlu untuk mengawasi mereka saat mereka menyikat untuk memastikan bahwa sang anak melakukannya dengan benar dan tidak melukai diri mereka sendiri, namun membiarkan mereka bebas untuk mengurus tugas kebersihan gigi dan mulut ini sendiri merupakan langkah penting bagi tumbuh kembang anak anda.

Ketika Anak Telah Mampu Menulis dan Membaca

Umumnya, ketika anak sudah cukup umur untuk menulis dan membaca, mereka telah siap melakukan pekerjaan ini dengan baik untuk menyikat gigi dengan sendirinya. Pada titik ini, mereka tidak memerlukan supervisi dan dapat memahami konsep yang dibutuhkan untuk kesehatan mulut yang sehat. Kami menyarankan agar anda terus memperhatikan rutinitas menyikat gigi dari waktu ke waktu, bagaimanapun, karena anak-anak dapat dengan mudah lupa menyikat gigi, atau mungkin terburu-buru ketika mengerjakan rutinitas menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Catatan Penting Bagi Orang Tua

Ada beberapa hal yang harus diawasi saat merawat gigi anak anda. Ini termasuk noda gelap atau coklat pada gigi, yang bisa jadi adalah sebuah lubang, kuning pada gigi dan sepanjang garis gusi, yang menyiratkan bahwa gigi tidak dibersihkan dengan benar, serta bercak kemerahan atau iritasi pada gusi atau jaringan lainnya, yang dapat menyiratkan bahwa daerah yang tersebut dibersihkan terlalu keras atau mengalami reaksi alergi.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan bahwa gigi anak anda telah dibersihkan dengan benar setiap hari, dan pastikan untuk menjadwalkan kunjungan gigi secara rutin. Yang terpenting, ingatlah bahwa kebiasaan gigi bagi anak anda akan mencerminkan keinginan anda sendiri. Perawatan gigi yang sangat baik dimulai dari orang tua, sehingga memberikan contoh menjaga kesehatan gigi yang baik dengan melakukan rutinitas harian seperti menyikat gigi dan flossing akan menjadi salah satu cara terbaik untuk memastikan si buah hati melakukan hal yang sama.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan