Mengenali Gejala Diabetes dan Cara Pencegahannya

Global Estetik – Jika Anda memiliki kebiasaan seperti sering buang air kecil, sering kesemutan, dan luka yang sulit disembuhkan, ada kemungkinan kebiasaan tersebut merupakan tanda bahwa Anda memiliki penyakit diabetes. Namun untuk lebih memastikannya Anda bisa langsung segara periksakan kesehatan Anda ke dokter. Penyakit diabetes diperkirakan dialami oleh 350 juta orang di seluruh dunia dan pada tahun 2004, sekitar 3.4 juta orang meninggal diakibatkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, lebih dari 80 persen kematian yang diakibatkan oleh penyakit diabetes terjadi pada negara dengan tingkat penghasilan menengah hingga rendah. Sering buang air kecil merupakan gejala khas penyakit diabetes. Hal tersebut terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa yang ada di dalam sirkulasi darah sehingga untuk mengeluarkannya yaitu dengan buang air kecil dalam jumlah yang besar. Banyaknya cairan yang dikeluarkan membuat tubuh menjadi sering haus dan banyak minum.

Selain sering buang air kecil, penyakit diabetes atau kencing manis juga ditandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam darah yang diakibatkan oleh adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh, sehingga penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit gula darah. Penyakit kencing manis atau diabetes dapat disebabkan oleh faktor keturunan, tingginya kolesterol, kurangnya olahraga, hingga perubahan pola hidup seperti pola diet yang salah. Selain itu, diabetes juga dapat terjadi karena kurangnya insulin di dalam tubuh. Insulin merupakan zat yang dihasilkan oleh pancreas untuk mengolah glukosa atau zat gula darah yang dibentuk menjadi energi.

Penyakit diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah yang ada di dalam tubuh dapat dikontrol. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit kencing manis atau diabetes. Umumnya penyakit diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah, namun diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes.

  • Menjaga berat badan
  • Rutin berolahraga
  • Menerapkan diet yang sehat dengan rendah kalori dan rendah lemak
  • Pemeriksaan gula darah dan tekanan darah secara rutin

Mengenali sejak dini tentang penyakit diabetes adalah suatu kesempatan bagi Anda untuk dapat mengendalikan gula darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes pada tubuh Anda. Olahraga secara teratur dan diet sehat merupakan kunci keberhasilan dalam mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan