Mengenal Penyakit TBC dan Cara Penularannya

Global Estetik – Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru yang menyebabkan penderitanya mengalami batuk kronis. Penyakit TBC ini disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri yang sangat kuat dan bertahan lama di lingkungan. Gejala awal yang dialami oleh penderita TBC umumnya adalah batuk yang terus menerus lebih dari seratus hari, sesak napas, mengeluarkan banyak keringat meski tidak melakukan aktifitas, dan lemas. Gejala tersebut juga dialami oleh penderita penyakit gangguan pernapasan lainnya. Oleh karena itu, untuk memastikan penyakit yang Anda derita, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengelami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas.

Selain gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa gejala lainnya yang harus Anda waspadai. Gejala tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu gejala umum dan khusus, berikut di antaranya:

Gejala Umum

  • Batuk selama lebih dari 3 minggu dan dapat disertai dengan adanya darah.
  • Menurunnya nafsu makan dan berat badan.
  • Demam dalam waktu yang lama dan dirasakan pada malam hari.

Gejala Khusus

  • Disertai rasa sakit pada dada, hal ini disebabkan adanya cairan di rongga pleura (pembungkus paru-paru).
  • Infeksi tulang.
  • Jika TBC dialami oleh anak-anak dapat mengenai otak yang disebut dengan meningitis.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis ini dapat ditularkan melalui udara yang tercemar. Sedangkan penyebaran virus TBC pada anak, biasanya berasal dari infeksi pada penderita dewasa. Bakteri penyebab penyakit TBC yang sering masuk ke dalam tubuh akan berkumpul di dalam paru-paru dan berkembang biak menjadi banyak. Penyakit TBC akan mudah menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu, penyakit tuberculosis atau TBC juga dapat menyebar melalui pembuluh darah. Setelah itu, infeksi TBC dapat menginfeksi hingga ke seluruh organ tubuh yang sehat lainnya. Siklus penularan penyakit TBC dimulai dari penderita TBC positif yang mengeluarkan droplet saat bersin maupun saat batuk. Droplet yang mengandung bakteri Mycrobacterium tuberculosis akan tertahan di udara dan bertahan lama hingga kondisi lingkungan yang sesuai. Jika bakteri penyebab penyakit TBC tersebut terhirup oleh orang lain, maka orang tersebut juga akan terinfeksi penyakit TBC.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyakit tuberculosis dan cara penularannya, dengan mengetahui berbagai hal mengenai TBC semoga Anda dapat lebih teliti dalam menjaga kesehatan agar tidak tertular atau terhindar dari penyakit ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan